ADVERTISEMENT

Nyamar Jadi Pemulung, Garong di Klinik Gigi Tebet Ditangkap Polisi

Farih Maulana - detikNews
Senin, 29 Apr 2019 16:40 WIB
Foto: Farih Maulana/detikcom
Jakarta - Polisi menangkap komplotan pembobol klinik gigi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Para pelaku melancarkan aksinya dengan berpura-pura menyamar jadi pemulung.

"Para pelaku ini ada 3 orang yang kami tangkap, MUH alias Ambon (25), pekerjaannya adalah pemulung dan RG alias Pelor (20), pekerjaannya juga pemulung. Perannya mencongkel dan membongkar gembok serta pintu, kedua juga sama dia mencongkel dan membongkar gembok," jelas Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan Kompol And Sinjaya, Senin (29/4/2019).

Selain kedua pelaku, polisi juga menangkap MUL alias Bogel (39). bogel berperan sebagai penadah.

"Dia menadah barang-barang dari hasil kejahatan," katanya.

Tersangka MUH dan RG ditangkap atas pembobolan di klinik gigi 'Beron Dental' di Tebet, Jaksel dan di kantor PT Glogolen, Cipete, Jaksel yang terjadi pada Maret dan April 2019. DI sana, para pelaku mengambil sejumlah barang berharga dengan cara membobol pintu dengan menggunakan gunting besi.



"Jadi mereka mengetahui rumah ini kosong berdasarkan pagar yang digembok. Mereka lihat kosong akhirnya mereka mencongkel dan membongkar. Adapun kerugiannya adalah di TKP 1 ada 2 unit TV, terus 1 unit HP merek Xiaomi, dan 2 jam tangan. TKP dua ada 11 unit layar monitor komputer, karena ini kantor perusahaan jadi ini menggunakan komputer sehingga mereka mencuri 11 unit layar monitor, dan juga 2 unit CPU," lanjutnya.

Para pelaku melakukan pemetaan di lokasi sebelum memasuki sasaran. Mereka mencari sasaran sambil berpura-pura mengumpulkan barang bekas.

"Dia memantau rumah itu ataupun target sasaran dibongkar dengan melihat dari gembok dan juga lingkungan sekitar. Dan kebetulan ini pada dini hari 01.00 WIB, sehingga memang situasi sudah kosong memang waktu beraksinya," lanjutnya.

Atas perbuatannya itu, tersangka MUH dan RG dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun. Sedangkan tersangka MUL dijerat dengan Pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 4-7 tahun penjara.




Simak Juga 'Usai Pengemis Bermobil, Kini Pemulung Kaya Bikin Heboh!':

[Gambas:Video 20detik]

(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT