Macan Tutul Mangsa Ternak, Warga Lebak Resah

Macan Tutul Mangsa Ternak, Warga Lebak Resah

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 29 Apr 2019 10:25 WIB
Ternak warga ditemukan mati dimangsa macan tutul. (Foto: Istimewa)
Ternak warga ditemukan mati dimangsa macan tutul. (Foto: Istimewa)
Lebak - Macan tutul di kawasan hutan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten, meneror ternak warga. Sejauh ini, sudah 11 kambing warga yang dimangsa macan tutul kelaparan.

"Kejadiannya sudah beberapa hari ini, sudah 11 ternak warga dimangsa macan," kata Kholil Wahyudin, petugas Kampung Siaga Bencana, Kecamatan Cilograng, saat dimintai konfirmasi detikcom di Lebak, Banten, Senin (29/4/2019).


Informasi dari saksi mata menyebutkan ada 2 atau 3 ekor macan tutul yang turun ke lokasi perkebunan yang berbatasan dengan permukiman warga. Kejadian ini, menurutnya, baru pertama kali terjadi di Cilograng.

Hewan buas ini katanya turun hutan di malam hari. Ternak yang dimangsa ada yang sebagian ditinggalkan di tengah hutan.

Macan Tutul Mangsa Ternak, Warga Lebak ResahFoto: Istimewa


"Macannya sih turun ke kampung belum, tapi ke kandang ternak yang lokasinya di kebun dekat dengan warga. Kami sudah mulai resah dan khawatir, jangan-jangan setelah (memangsa) kambing nanti turun ke kampung-kampung," paparnya.

Warga juga sudah melaporkan hal ini ke pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banten. Mereka berharap ada bantuan untuk mencari macan tutul agar tak turun ke kampung.


"Sementara Polsek dan Posmil kecamatan sudah turun ke lokasi untuk mengecek kebenaran soal macan tutul ini," ujarnya. (bri/jbr)