detikNews
Minggu 28 April 2019, 13:40 WIB

Pantau Pintu Air Manggarai, Plt Kadis SDA DKI: Air Sudah Turun Siaga IV

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Pantau Pintu Air Manggarai, Plt Kadis SDA DKI: Air Sudah Turun Siaga IV Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada (Azizah/detikcom)
Jakarta - Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada, memantau pintu air Manggarai. Yusmada bersyukur ketinggian air sudah turun.

"Siaga IV ya tenang dong, makasih dong, alhamdulillah. Saya ngontrol anak-anak ini. Di situasi seperti ini, semua instalasi-instalasi seperti banjir ini harus standby tiap-tiap jam," ujar Yusmada di pintu air Manggarai, Jakarta, Minggu (28/4/2019).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan ada dua bendungan (dry dam) yang sedang dibangun di hulu. Yusmada mengatakan pembangunan dry dam diharapkan bisa menahan volume air.


"Dry dam itu ada dua waduk di Bogor, itu yang dibangun oleh pemerintah pusat, namanya Waduk Ciawi sama Waduk Sukamahi. Dalam pelaksanaan, itu konsepnya dry dam. Dry dam itu apa? Bendungan, di bawahnya terowongan air. Jadi itu kan hanya pilihan. Ini kan sungai biasa nih, tapi ketika hujan datang airnya harus ditahan, makanya dibikin dam," jelasnya.

Menurut Yusmada, pembangunan dry dam diharapkan dapat menahan kelebihan air. Dry dam diharapkan dapat menahan debit Kali Ciliwung sampai 30 persen.

"Jadi kalau ditanya apakah selesai dengan Waduk Sukamahi, paling tidak Kali Ciliwung itu menurut kajian teknisnya itu menahan debit Ciliwung sekitar 30 persen. Yang ditahan itu kan debit di DAS hulu," ungkap Yusmada.

"Tapi antara waduk itu sampai ke ini kan 88 km. Kalau ada hujan di sana, masih, tapi paling tidak air dari Puncak, dari Bogor, Gadog itu Gunung Pangrango itu udah bisa ditahan. Minimal kejadian kemarin itu paling tidak... lebih minimal lah," pungkasnya.


Simak Juga "Sampah Masih Terus Mengalir ke Pintu Air Manggarai":

[Gambas:Video 20detik]


(azr/rvk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com