Round-Up

Anies Menangkal Banjir Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Apr 2019 07:19 WIB
Foto: Anies Baswedan cek Pintu Air Manggarai (Fida-detikcom)


3. Buat Waduk

Selain naturalisasi dan drainase vertikal, Anies juga punya ide membuat waduk di antara Jakarta dan Bogor. Tujuannya, agar volume air yang mengalir ke Jakarta bisa dikontrol.

"Mau tidak mau harus membuat waduk karena bicaranya tentang volume air yang besar sekali. Jadi tidak cukup kalau kita hanya menangani di sini. Apapun yang kita tangani di sini kalau volume airnya besar sekali dari sana, datangnya bersamaan akan selalu menimbulkan limpahan air," kata Anies di Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019).

Anies menganggap upaya pencegahan banjir di Jakarta akan percuma jika volume air dari hulu tak bisa dikendalikan. Dia menilai pembuatan waduk sebagai solusi yang terbaik.


"Karena kalau kita hanya membereskan di Jakarta tidak ada artinya. Mengapa? Karena nanti kita akan berhadapan dengan permukaan laut yang lebih tinggi daripada permukaan air sungai," jelasnya.

"Justru yang harus dibereskan adalah bagaimana airnya bisa ditahan di hulu dan antara hulu dan Jakarta sehingga volume air yang masuk di Jakarta terkendali. Saat ini sedang dibangun dua waduk di Kabupaten Bogor dan dua waduk ini, kalau selesai insyaallah bulan Desember ini selesai maka dia akan membantu menahan," tambah Anies.

Petugas UPK Badan Air Bersihkan Eceng Gondok di Waduk PluitPetugas UPK Badan Air Bersihkan Eceng Gondok di Waduk Pluit (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)

4. Bangun Saringan Sampah

Selain persoalan volume air yang membanjiri Jakarta, Anies juga menyoroti masalah sampah. Dia mengatakan akan memasang saringan raksasa di luar Jakarta agar sampah tidak memasuki sungai.

"Jadi kami berencana membangun di luar Jakarta tahun ini, tapi nampaknya anggarannya tidak disetujui oleh dewan," kata Anies di Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (26/4).

Anies mengatakan saringan tersebut penting mencegah volume sampah yang memasuki Jakarta. Menurutnya, hal itu akan mencegah penumpukan sampah seperti yang ada di pintu air Manggarai.

"Penting untuk kami membangun. Bukan jaring rasaksa ya sebenarnya, tapi saringan-saringan. Sehingga volume sampah tidak secara besar terbawa seperti ini. Tapi secara bertahap tertahan agar tak terkumpul seperti ini," jelas Anies.



Soal jaring ini juga sempat diucapkan Anies saat menyoroti masalah sampah di Teluk Jakarta. Dia mengatakan akan memasang jaring-jaring untuk mencegah kembalinya sampah di kawasan tersebut.

"Kita nanti akan siapkan jaring-jaring untuk menjaring sampah yang keluar dari sungai-sungai di DKI. Dan, kita harapkan juga sungai-sungai di kanan kiri Jabodetabek juga ikut membuat jaring-jaring yang sama," kata Anies di Masjid Istiqlal Jl Taman Wijayah Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (18/3/2018).
Halaman

(haf/fdn)