Anies Nilai Mandeknya Normalisasi Ciliwung Bukan Penyebab Banjir

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sabtu, 27 Apr 2019 10:25 WIB
Anies Baswedan (Foto: Muhammad Fida/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai mandeknya proyek normalisasi Sungai Ciliwung bukan penyebab banjir di Jakarta. Menurutnya, kalau penyebab banjir adalah mandeknya normalisasi Ciliwung, maka banjir tak terjadi juga di wilayah lain.

"Nggak, kalau itu kendalanya, banjir hanya di tempat itu. Kalau kendalanya itu, banjirnya hanya di tempat itu," kata Anies di Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (27/4/2019).



Anies mengatakan banjir juga terjadi di Bekasi dan Tangerang Selatan. Penyebab banjir, kata Anies, sama dengan yang ada di Jakarta.

"Bagaimana anda menjelaskan dengan bekasi. Jadi Bekasi, Tangerang Selatan pada kena. Nggak ada urusan dengan sodetan," jelas Anies.

Dia menyebut ketinggian genangan air di beberapa wilayah sudah berangsur turun. Anies menjamin jajarannya masih siap siaga terkait potensi banjir.

"Semua petugas kita stand by dan setiap ada pergerakan air laut langsung dibarengi perubahan pintu air. Sehingga aliran air dari hulu bisa segera tuntas," tuturnya.



Sebelumnya, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) menyebut ada 3 solusi yang harus diutamakan untuk mengatasi banjir di Jakarta. Tiga solusi tersebut yakni normalisasi, waduk atau bendungan, dan sodetan dari Bidara Cina ke Banjir Kanal Timur (BKT)

"(Solusinya) Satu normalisasi, terus bendungan dua buah di Bogor, dan sodetan dari Bidara Cina ke Banjir Kanal Timur. 3 itu terutama," ujar Kepala BBWSCC Bambang Hidayah saat dihubungi, Jumat (26/4).

Bambang mengatakan, untuk bendungan saat ini sedang dalam pelaksanaan. Progresnya baru 15%. Kemudian untuk sodetan di Bidara Cina, menurutnya masih belum maksimal dari target 1.270 meter, namun yang dikerjakan baru 600 meter.

"Sekarang kan rencana di Bidara Cina, ini baru proses pengukuran sama pemberkasan tata bidang. Jadi diharapkan sama Pak Gubernur, karena Pak Gubernur (Anies Baswedan) juga konsen sekali, target kalau bisa tahun ini bisa tuntas untuk lahan," katanya.


Saksikan juga video 'Anies Ingin Bangun Saringan Sampah di Sungai Ciliwung':

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/haf)