detikNews
Jumat 26 April 2019, 20:38 WIB

Anies akan Bangun Saringan di Sungai Cegah Sampah ke Jakarta

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies akan Bangun Saringan di Sungai Cegah Sampah ke Jakarta Dok.detikcom/ Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan /Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan memasang saringan raksasa. Anies berencana memasang saringan di luar Jakarta agar sampah tidak memasuki sungai.

"Jadi kami berencana membangun di luar Jakarta tahun ini, tapi nampaknya anggarannya tidak disetujui oleh dewan," kata Anies di Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019).

Anies mengatakan saringan tersebut penting mencegah volume sampah yang memasuki Jakarta. Menurutnya, hal itu akan mencegah penumpukan sampah seperti yang ada di pintu air Manggarai.





"Penting untuk kami membangun. Bukan jaring rasaksa ya sebenarnya, tapi saringan-saringan. Sehingga volume sampah tidak secara besar terbawa seperti ini. Tapi secara bertahap tertahan agar tak terkumpul seperti ini," jelas Anies.

Sebelumnya, Anies pernah menyoroti permasalahan sampah yang ada di Teluk Jakarta. Dia mengatakan akan memasang jaring-jaring untuk mencegah kembalinya sampah di kawasan tersebut.

"Kita nanti akan siapkan jaring-jaring untuk menjaring sampah yang keluar dari sungai-sungai di DKI. Dan, kita harapkan juga sungai-sungai di kanan kiri Jabodetabek juga ikut membuat jaring-jaring yang sama," kata Anies di Masjid Istiqlal Jl Taman Wijayah Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (18/3/2018).





Anies mengatakan pemasangan jaring-jaring tersebut tidak hanya akan dilakukan di Teluk Jakarta. Jaring-jaring tersebut juga akan di pasang di sepanjang sungai untuk mencegah sampah dari sungai ke hulu.

"Bukan hanya di teluk. Nanti pemasangan jaring-jaring itu sepanjang sungai sampai ke muara sehingga bukan hanya di ujungnya, kalau hanya di ujung saja berat," ujarnya.
(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed