Pantau Pintu Air Manggarai, Anies: Sampahnya 170 Ton Kurang 24 Jam

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 26 Apr 2019 18:06 WIB
Anies Baswedan mengecek Pintu Air Manggarai. (Fida/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Anies mengatakan volume sampah yang ada di pintu air tersebut mencapai 170 ton dalam kurun kurang dari 24 jam.

Anies melakukan pemantauan bersama Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Djafar Muchlisin dan Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air Yusmada Faizal di Pintu Air Manggarai, Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019). Anies mengatakan sampah di Pintu Air Manggarai melebihi hari biasa.

Pantau Pintu Air Manggarai, Anies: Sampahnya 170 Ton Kurang 24 JamKondisi sampah di Pintu Air Manggarai (Fida/detikcom)


"Di hari sebelumnya, tidak ada volume sampah sebesar ini. Dari informasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup volumenya sampai sekitar 170 ton sampah dalam waktu kurang 24 jam. Ini volume yang luar biasa besar, tapi tim bekerja terus," kata Anies.



Anies mengatakan jajarannya bekerja nonstop sejak semalam. Dia bersyukur banjir tidak dibarengi naiknya permukaan air laut.

"Ada satu yang perlu saya sampaikan, kita bersyukur sekali berkat doa semuanya alhamdulillah ketinggian permukaan air laut tadi pagi menurun. Jika volume air dari hulu besar, lewat masuk ke Jakarta. Lalu permukaan air laut sedang pasang, maka bisa menjadi malapetaka bagi kita," jelasnya.



Anies memperkirakan air laut tidak akan naik malam ini. Dia berharap banjir di Jakarta bisa segera diselesaikan.

"Bila dari Bogor kiriman airnya banyak, lalu lautnya pasang. Maka air itu akan berhenti di Jakarta dan menimbulkan banjir besar. Kita bersyukur itu tidak terjadi tadi pagi. Insyaallah ini juga tidak terjadi di malam ini dan besok," sebutnya. (fdu/rvk)