DetikNews
Kamis 25 April 2019, 19:53 WIB

Cegah Pelecehan Seksual di Kereta, KAI Imbau Penumpang Waspada

Idham Kholid - detikNews
Cegah Pelecehan Seksual di Kereta, KAI Imbau Penumpang Waspada Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono/detikcom
Jakarta - PT KAI menyatakan masalah mahasiswi yang mengaku dilecehkan oleh penumpang pria di kereta Jakarta-Surabaya telah diselesaikan secara kekeluarga. KAI memberikan sejumlah imbauan dan berharap kejadian serupa tak terulang lagi.

"Kami menghimbau dan mengingatkan kepada para penumpang agar tetap waspada selama dalam perjalanan baik dengan barang-barang bawaan serta perilaku penumpang di sekitar," kata VP Public Relations PT KAI Edy Kuswoyo saat dihubungi detikcom, Kamis (25/4/2019).


Selain itu, Edy juga mengimbau penumpang menghindari menggunakan perhiasan atau barang-barang mewah berlebihan yang kemungkinan dapat mengundang tindak kejahatan. Edy juga meminta jangan mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal.

"Jangan mudah menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal. Waspada terhadap orang dan barang yang mencurigakan," ujarnya.

Edy juga mengingatkan penumpang untuk segera melaporkan ke petugas jika ada hal-hal yang mencurigakan dan perbuatan yang tidak menyenangkan.

Sebelumnya, seorang mahasiswa mengaku mengalami pelecehan seksual di kereta. Peristiwa itu diceritakan seorang penumpang dalam akun Twitter-nya pada Selasa (23/4).


Edy menegaskan kasus itu sudah diselesaikan. Kedua belah pihak telah dipertemukan dan dimediasi.

"Menanggapi tweet dari akun yang menyatakan dirinya telah dilecehkan oleh penumpang lainnya saat ada di dalam KA Sembrani no 48 dengan rute Gambir-Surabaya Pasar Turi keberangkatan Senin, 22 April 2019, KAI menegaskan bahwa kejadian tersebut telah diselesaikan secara kekeluargaan antara pihak korban dan pelaku," kata Edy.
(idh/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed