detikNews
Rabu 24 April 2019, 19:05 WIB

Rekapitulasi Suara Kecamatan Koto XI Tarusan Sumbar Dilanjutkan

Jeka Kampai - detikNews
Rekapitulasi Suara Kecamatan Koto XI Tarusan Sumbar Dilanjutkan Rekapitulasi suara di PPK Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dilanjutkan. (Foto: Jeka Kampai/detikcom)
Pesisir Selatan - Rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dilanjutkan. Proses rekapitulasi sempat terhenti karena gudang kotak suara terbakar.

Rekapitulasi dilakukan dalam tenda darurat yang dibuat untuk menggantikan ruangan gudang yang terbakar. Gudang yang terbakar masih ditutup untuk penyelidikan polisi.

"Proses rekap yang sempat terhenti kita lanjutkan kembali," kata Ketua KPUD Kabupaten Pesisir Selatan, Epaldi Bahar kepada detikcom, Rabu (24/4/2019).




Epaldi mengaku sudah bersepakat dengan pihak Bawaslu dan partai politik untuk tidak menggelar pemungutan suara ulang (PSU). Peristiwa kebakaran itu menghanguskan 19 kotak suara.

"Kita sudah sepakat dengan Bawaslu dan partai politik, tidak ada PSU, karena kita proses rekap menggunakan C1. Dokumen yang kita gunakan adalah C1 yang sudah ada di KPU dan Bawaslu," jelasnya.




Di PPK Kecamatan Koto XI Tarusan terdapat 785 kotak suara, yang berasal dari 157 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ke-785 kotak suara itu dibagi dalam dua tempat penghitungan, yakni di aula kantor camat dan ruang sekretariat PPK.

Kebakaran terjadi saat proses rekapitulasi sedang berlangsung pada Senin (22/4) dini hari. Dalam catatan sementara, ada 19 kotak suara dari TPS di Nagari Kapuah yang terbakar.

Polisi masih terus melakukan penyelidikan guna mencari tahu sebab-sebab kebakaran.
(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed