DetikNews
Senin 22 April 2019, 10:39 WIB

Datangi 2 SMP di Jakarta, Mendikbud: UNBK Sesuai Standar

Farih Maulana Sidik - detikNews
Datangi 2 SMP di Jakarta, Mendikbud: UNBK Sesuai Standar Foto: Mendikbud Muhadjir Effendy di SMP 11, Jalan Kerinci VII, Kebayoran Baru, Jaksel. (Istimewa)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMPN 11 dan SMPN 19, Jakarta Selatan. Muhadjir mengatakan pelaksanaan UN sudah sesuai standar.

"Secara umum bagus, sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Mulai dari, terutama prosesnya ya, bagaimana mulai dari soal, terus diproses sampai kemudian ke tangan siswa ketika berada di ruang kelas," kata Muhadjir di SMP 11, Jalan Kerinci VII, Kebayoran Baru, Jaksel, Senin (22/4/2019)


Selain itu, kata Muhadjir, sistem kepengawasannya juga udah memenuhi standar. Sebab, para pengawas ditukar antarsekolah.

"Kemudian jumlah peserta teratur dan saya senang karena 2 SMP yang saya kunjungi ini hanya satu sif, artinya berarti fasilitas untuk sarana UNBK sudah terpenuhi sehingga tidak perlu dilihat beberapa kali, ini suatu contoh yang baik,"
ujarnya.

Muhadjir mengatakan pihaknya juga sudah mengantisipasi agar tidak terulang kasus soal beredar seperti saat UN SMA. Dia mengatakan soal UN SMA itu bocor karena keteledoran pengawas dan keisengan siswa yang tidak tahu bisa jadi perkara besar.

"Tidk sampai satu hari bisa kita ketahui di mana tempatnya, bahkan sampai di ruang kelas berapa, siapa pelakunya ada semua. (Sanksinya) kita 0 kan untuk siswa yang melakukan pelanggaran, nilainya 0. Ujian ulang. Untuk pengawas kita cabut haknya dan tidak boleh mengawas lagi," tuturnya.


Karena itu, Muhadjir meyakini tidak akan terjadi kebocoran soal. Sebab, setiap siswa mengerjakan soal sendiri.

"Kalau untuk UNBK kecil kemungkinan bocor soalnya sama secara teknis sama dengan soal-soal SMK SMA satu anak menghadapi satu soal sendiri," ucapnya.


Pantau UNBK di Sulsel, Mendikbud Jadi 'Tukang Pijat' Siswa? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(idh/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed