DetikNews
Selasa 16 April 2019, 12:45 WIB

Sandiaga Minta Kisruh Pemilu di Luar Negeri Segera Ditindaklanjuti

Tsarina Maharani - detikNews
Sandiaga Minta Kisruh Pemilu di Luar Negeri Segera Ditindaklanjuti Ilustrasi Pencoblosan Pemilu 2019 di Sydney (PPLN Sydney)
Jakarta - Sandiaga Uno turut berkomentar soal pencoblosan Pemilu 2019 di beberapa negara yang dilaporkan mengalami kendala. Sandi meminta laporan-laporan itu segera ditindaklanjuti.

"Yang terjadi di luar negeri saya belum baca secara detail, tapi ada beberapa laporan yang saya rasa harus ditindaklanjuti segera," kata Sandi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/4/2019).


Sandi tidak ingin kekacauan tersebut mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu. Ia berharap Pemilu 2019 pada Rabu (17/4) besok di Tanah Air berlangsung aman.

"Agar kepercayaan masyarakat bisa dibangun. Karena besok penting sekali, itu kan 17 April. Kalau refleksi di luar negeri seperti itu jangan sampai di dalam negeri kita mengalami hal yang sama," ujar Sandiaga.



Dia kemudian berbicara soal prinsip pemilu yang jujur dan adil. Sandi mengingatkan penyelenggara pemilu bersikap profesional demi membangun kepercayaan masyarakat.

"Esensi daripada demokrasi bahwa rakyat itu menginginkan pemilu yang jurdil, pemilu yang betul-betul bisa menghadirkan kepercayaan yang besar. Bahwa penyelenggara pemilu itu betul-betul mempersiapkan tentang proses yang luber dan jurdil," tegasnya.


Saksikan juga video '5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed