DetikNews
Senin 15 April 2019, 22:21 WIB

Hasil Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia Diumumkan Besok

Dwi Andayani - detikNews
Hasil Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia Diumumkan Besok Lokasi surat suara tercoblos di Malaysia (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Bawaslu akan mengumumkan hasil investigasi kasus surat suara tercoblos di Malaysia. Pengumuman ini direncanakan dilakukan besok.

"Insyaallah rencana besok akan disampaikan," ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat dihubungi detikcom, Senin (15/4/2019).

Afif mengatakan pihaknya telah melakukan rapat tripartit membahas surat suara tercoblos tersebut. Rapat tripartit ini dilakukan bersama Bawaslu, KPU, dan DKPP di kantor KPU.


"Tadi di KPU, rapat tripartit," kata Afif.

Namun Afif menyebut saat ini Bawaslu kembali melakukan rapat pleno internal. Rapat pleno ini tidak hanya membahas hasil investigasi surat suara tercoblos di Malaysia dan pelaksanaan pemilu di luar negeri.

"Kita sedang pleno lengkap berlima, sedang bahas hasil investigasi. Pleno internal Bawaslu khusus bahas pelaksanaan pemilu luar negeri," tuturnya.


Sebelumnya, Bawaslu dan KPU mengutus anggotanya melakukan klarifikasi kepada PPLN setempat dan menyelidiki keaslian surat suara diduga tercoblos itu. Namun mereka tidak diberi akses oleh kepolisian setempat dan KPU memaklumi hal tersebut karena merupakan wilayah yurisdiksi Malaysia.

Terkait surat suara tersebut, PDRM dikabarkan sudah meminta keterangan dari pihak terkait. PDRM akan membuat kesimpulan dari investigasi yang dilakukan Senin (15/4).

"Belum bisa disampaikan (hasil pemeriksaan). Baru besok akan dibuat suatu kesimpulan sementara hasil pemeriksaan para pihak, kemudian analisis barang bukti yang ditemukan di lapangan," ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, kepada wartawan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.
(dwia/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed