DetikNews
Senin 15 April 2019, 20:03 WIB

Terekam CCTV, Pencuri Ngaku Petugas PLN di Kebayoran Baru Diciduk Polisi

Farih Maulana - detikNews
Terekam CCTV, Pencuri Ngaku Petugas PLN di Kebayoran Baru Diciduk Polisi Foto: dok.istimewa
Jakarta - Polisi menangkap pelaku pencurian yang menyasar rumah mewah di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Modus pelaku berpura-pura menyamar sebagai petugas PLN.

"Modusnya adalah dengan menggunakan identitas palsu berpura-pura sebagai petugas PLN mengecek rumah korban dan mengambil barang-barang yang ada di dalam dan itu ada penghuni rumah juga," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Andi Sinjaya kepada wartawan di Polres Jaksel, Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jaksel, Senin (15/4/2019).

Pencurian terjadi pada Jumat (22/3) sekitar pukul 12.00 WIB di rumah warga di Jalan H Naim, Kebayoran Baru, Jaksel. Pelaku berisinial T alias K (49) mendatangi rumah korban dengan mengaku sebagai petugas PLN yang hendak mengecek meteran listrik.

"Jadi menggunakan identitas palsu, sehingga ketika dia membunyikan bel dia diterima oleh penghuni rumah dan dia bilang akan melakukan pemeriksaan karena dia dari PLN langsung dipersilakan masuk pada saat itu," katanya.

Pelaku bahkan masuk ke dalam rumah. Dia berpura-pura hendak mengecek instalasi listrik di dalam rumah sambil mencoba stop kontak listrik di dalam rumah.

"Akhirnya korban mempersilakan si pelaku untuk masuk ke dalam. Selanjutnya dia melihat ada barang-barang berupa laptop dan handphone, akhirnya pada saat itu juga si pelaku mengambil barang tersebut pada saat si korban lengah. Sehingga perbuatan pelaku tidak diketahui oleh korban saat itu juga," katanya.



Pencurian ini baru disadari pemilik ketika mengetahui barang miliknya hilang. Beruntung, aksi pelaku terekam kamera CCTV sehingga polisi bisa dengan mudah menangkap pelaku.

"Di dalam rumah ini juga kita berhasil mengidentifikasi dengan adanya CCTV, sehingga bisa kita identifikasi ciri-ciri dari pada pelaku, sehingga kita lakukan pengejaran dan Alhamdulillah unit Resmob Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan berhasil menangkap pelaku tidak lama setelah kejadian ataupun perkara dilaporkan oleh korban," tuturnya.

Polisi menangkap pelaku di kawasan Bekasi. Dari pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti untuk melancarkan aksinya, di antaranya ala ukur listrik.

Andi memastikan pelaku bukan pegawai PLN dan tidak pernah bekerja di PLN. Menurutnya, pelaku hanya terobsesi untuk menjadi petugas PLN.

"Bukan, mungkin terobsesi mau menjadi (petugas PLN)," tandasnya.




(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed