DetikNews
Sabtu 13 April 2019, 14:26 WIB

Cerita WNI di Skotlandia, Nyoblos Pemilu Melalui Kiriman Pos

Shinta Angriyana - detikNews
Cerita WNI di Skotlandia, Nyoblos Pemilu Melalui Kiriman Pos Pelipatan Surat Suara. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Sejumlah WNI yang menetap di luar negeri sudah melakukan pemungutan suara. WNI di Glasgow, Skotlandia pun melakukannya via kiriman pos.

Seperti yang dilakukan Dimas Bagus Yudana (23) WNI yang menetap di Glasgow, Skotlandia untuk melakukan studi. Dimas mengatakan, sudah melakukan pemungutan suara sejak 2 minggu yang lalu.

"Saya nyoblos sekitar 2 minggu yang lalu. KBRI ngirim ke flat (apartemen) saya. Memang ada opsinya, saya minta dikirim," ujar Dimas saat dihubungi detikcom Sabtu (13/4/2019).



Dimas mengatakan, pemungutan suara diorganisir oleh KBRI yang ada di London, Inggris. KBRI memberikan 2 opsi, yakni surat suara dikirim ke tempat tinggal atau datang ke London.

"Jadi kemarin pilihannya ada 2. Bisa via pos atau datang ke London. Nanti (surat suara) dikirim balik lewat pos, tinggal dimasukin ke kotak pos pinggir jalan. Sama KBRI sudah disediakan perangko dan alamat lengkap KBRI," tambah Dimas.

Menurut Dimas, hal ini termasuk efektif untuk melakukan pemungutan suara. Hal ini karena lokasi tinggalnya yang jauh dari KBRI.

"Efektif banget sih caranya. Membantu saya yang tinggal di daerah yang jauh dari KBRI. Regularnya juga surat suara dikembalikan dan sampai 4 hari," tambah Dimas.



Untuk WNI yang menetap di luar negeri, ada pembagian jenis pemilih. Yakni DPT, DPT-B dan DPK. Dimas mengatakan, ia termasuk DPT atau Daftar Pemilih Tetap.

"Buat anak-anak yang tinggal di sini (mahasiswa di Glasgow -red) kalau intake (pindah) sekitar September dan lapor, otomatis sudah jadi DPT, saya DPT," paparnya.

Seperti yang diketahui, pemungutan suara Pemilu 2019 bagi WNI yang menetap di luar negeri sudah mulai dilakukan. Hari ini, Sabtu (13/4) kedutaan besar RI di 65 negara juga serentak melakukan pemungutan suara.


Simak Juga 'Ada 3 Metode Nyoblos di Luar Negeri, Apa Saja?':

(sna/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed