DetikNews
Jumat 12 April 2019, 23:07 WIB

BMKG Belum Terima Laporan Kerusakan di 18 Wilayah Terdampak Gempa Sulteng

Matius Alfons - detikNews
BMKG Belum Terima Laporan Kerusakan di 18 Wilayah Terdampak Gempa Sulteng Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Noval/detikcom)
Jakarta - BMKG mencatat ada 18 wilayah di Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan yang juga merasakan gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 6,8 di Kepulauan Banggai, Sulteng. Namun hingga saat ini BMKG belum menerima laporan kerusakan.

"Saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa. Sampai pukul 21.00 WIB, kami sudah cek melalaui petugas di lapangan, belum ada laporan, dan di medsos belum ada laporan ada kerusakan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada wartawan di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019).

BMKG mencatat ada lima wilayah terdampak gempa dengan intensitas IV MMI itu. Getaran IV MMI ini dirasakan banyak orang dan bersifat merusak.

"Gempa bumi ini berdasarkan analisis dan laporan masyarakat dirasakan di wilayah Poso, Buol, Morowali, Banggai, dan Palu dengan intensitas guncangan IV MMI. Artinya dirasakan oleh orang banyak dalam rumah dan di luar juga dirasakan oleh beberapa orang, bahkan gerabah bisa pecah, jendela pintu berderik dan dinding berbunyi," ungkapnya.

Selain itu, gempa intensitas lebih rendah dirasakan di Kolaka Utara dan Tolitoli. Kemudian, ia mengatakan, sisanya merasakan gempa di intensitas II MMI hingga III MMI.

"Skala III MMI lebih kecil, getaran di dalam rumah, seakan-akan ada getaran kendaraan berat yang lewat, itu yang dirasakan di Kolaka Utara dan Tolitoli, kemudian juga di Sumalata Kotamobagu, Palopo, Kolaka, Makassar, dan Kepulauan Konawe, dengan kekuatan intensitas III MMI," ucap Dwikorita.


"Kemudian juga dirasakan di Gorontalo dan Kendari dengan intensitas II-III MMI, getaran dirasakan beberapa orang, benda ringan tergantung tampak bergoyang. Sekali lagi, intensitas II MMI ini dirasakan di Manado, Pinrang, dan Konawe," sambungnya.

Sebelumnya, peringatan dini potensi tsunami itu dikeluarkan BMKG setelah gempa M 6,9 mengguncang Sulteng pukul 18.40 WIB, Jumat (12/4/2019). Sekitar pukul 19,47 WIB, peringatan dini tersebut dinyatakan berakhir.

Gempa juga dirasakan di berbagai daerah di Sulteng hingga Sulsel.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed