Round-Up

Surat Suara 'Bocor' di Selangor

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 12 Apr 2019 05:55 WIB
Ilustrasi/pelipatan surat suara/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Temuan surat suara tercoblos di dua lokasi di Selangor, Malaysia, bikin geger. KPU bersama Bawaslu bergerak bersama menginvestigasi temuan tersebut.

Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara Ulyana lewat keterangan tertulis memaparkan kronologi penggerebekan surat suara tercoblos pada Kamis (11/4/2019).


Temuan ini berawal dari laporan Relawan PADI (Prabowo-Sandi). Disebutkan ada dua lokasi temuan surat suara tercoblos. Lokasi pertama Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang, Selangor.

Di lokasi ini ditemukan surat suara dalam bag diplomatik, kantong plastik hitam, dan 5 karung goni dengan tulisan Pos Malaysia. Sejumlah surat suara pilpres tercoblos untuk paslon nomor urut 01, sedangkan surat suara pileg tercoblos untuk caleg NasDem DPR nomor urut 3.


Sedangkan lokasi kedua adalah kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor ditemukan 158 karung berisi surat suara. Beberapa surat suara pilpres tercoblos untuk paslon nomor urut 01.

Hampir sama dengan lokasi sebelumnya, namun di lokasi kedua ini ada juga surat suara yang sudah tercoblos di kertas caleg DKI Dapil II dari NasDem nomor urut 2 dan beberapa tercoblos untuk caleg Demokrat nomor urut 3.

Untuk diketahui, coblosan di TPS yang ada di kota-kota di Malaysia baru akan dilakukan pada Minggu (14/4) mendatang. Pencoblosan dilakukan melalui dua metode, yaitu melalui pos atau kotak suara keliling.

Selanjutnya
Halaman
1 2