detikNews
Selasa 09 April 2019, 18:52 WIB

Ridwan Kamil di Kampanye Ma'ruf: Mau Umrah? Menangkan Dulu 01

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Ridwan Kamil di Kampanye Maruf: Mau Umrah? Menangkan Dulu 01 Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat Ridwan Kamil di kampanye Ma'ruf di Bandung Barat. (Lisye/detikcom)
Bandung Barat - Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak relawan memilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin karena memiliki program kartu sembako murah. Menurutnya, dengan adanya kartu sakti itu, uang diskon belanja sembako bisa ditabung untuk berangkat umrah.

Ridwan Kamil atau yang biasa dipanggil Kang Emil menyampaikan itu saat menemani Ma'ruf Amin menggelar kampanye akbar di Lapangan PN Kertas, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (9/4/2019). Dia mengatakan program kartu sembako murah yang diusung paslon 01 akan memberikan solusi kepada ibu-ibu rumah tangga.

"Orang KBB (Kabupaten Bandung Barat) terkenal penampilannya 'modis'. Betul? Modal diskon. Maka kartu sembako murah cocok untuk ibu-ibu se-Kabupaten Bandung Barat," ujar Kang Emil.


Gubernur Jawa Barat itu memaparkan program kartu sembako murah belum begitu dikenal masyarakat, sehingga dia mengajak relawan menyampaikan program itu kepada warga Bandung Barat.

"Banyak yang belum tahu, tolong disampaikan. Ada ibu-ibu di warung, pasar, pengajian disampaikan. Insyaallah dapat kartu belanja diskon supaya bisa nabung di rumah," lanjutnya.

Potongan harga bagi pemegang kartu sembako murah bisa untuk ditabung. Dikatakan Kang Emil, program yang diusung paslon 01 itu bisa memberangkatkan ibu-ibu untuk beribadah umrah. Karena itu, ia menyerukan untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin di Jabar.

"Mau umrah? Menangkan dulu 01. Kenapa akan dapat umrah? Kan Ibu nanti dapat sembako murah, biasa belanja 100 ribu jadi 70 ribu, hemat 30 ribu, betul? Ditabung di tabungan umrah-haji. Jadi, dengan mencoblos 01, dapat kartu sembako murah, bisa menabung banyak, hasil tabungannya bisa melihat Kakbah," ujar Kang Emil.


Tidak sampai di situ, Emil kembali memaparkan kartu sakti Jokowi berikutnya, Kartu Indonesia Pintar (KIP). Emil mengatakan anak Bandung Barat yang ingin kuliah juga tak perlu gelisah, karena paslon 01 menyiapkan sekolah gratis hingga perguruan tinggi.

"Buat anak Ibu yang ingin seperti saya sekolah di ITB, sekolah di Amerika, sekarang ada pertolongan, namanya Kartu Indonesia Pintar Kuliah. Sampaikan, tepuk tangan," ujar Emil.

Dikatakan Emil, solusi selanjutnya yang akan diberikan oleh pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin adalah Kartu Pra-Kerja. Menurutnya, kartu sakti yang ketiga itu diharapkan mengurangi angka pengangguran.

"Yang merasa pengangguran, yang merasa kurang kerjaan, bingung tidak punya skill akan ditolong oleh Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin berupa Kartu Pra-Kerja," kata dia.

"Yang tidak ngerti komputer, dilatih komputer, yang tidak ngerti digital, dilatih digital, dan ada subsidi selama sekian bulan. Ini adalah contoh pemimpin yang paham kebutuhan rakyatnya, betul? Bukan buat Ibu saja, buat anak-cucu kita," pungkas Emil.


Simak Juga "Ma'ruf Amin Optimistis Raup 60% Suara di Jakarta":

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed