DetikNews
Selasa 09 April 2019, 16:01 WIB

Kreator 'Si Juki' Protes Komiknya Dipakai Kampanye Caleg Demokrat Tanpa Izin

Indra Komara - detikNews
Kreator Si Juki Protes Komiknya Dipakai Kampanye Caleg Demokrat Tanpa Izin Ilustrasi Si Juki. (Foto: Pionicon)
Jakarta - Pencipta karakter komik Si Juki, Faza Meonk, kembali memprotes ilustrasi komiknya dipakai untuk kampanye. Sementara sebelumnya video Si Juki dipakai kader PKS untuk berkampanye, kini komik strip Si Juki digunakan oleh caleg Partai Demokrat (PD).

Faza Meonk menyampaikan keberatan di media sosial Twitter, @FazaMeonk. Dalam cuitannya, sang kreator mengunggah bukti ilustrasi komiknya dipakai untuk kampanye oleh kader PD bernama Dedy Hariyansyah, caleg DPRD Sintang, Dapil Sintang I.



Dilihat detikcom, Faza memprotes di Twitter pada Selasa (9/4/2019). Dia meminta PD menegur kadernya yang memakai ilustrasi Si Juki untuk berkampanye tanpa izin.

"Halo @PartaiDemokrat, caleg Anda menggunakan komik saya TANPA IZIN untuk kampanye, bahkan diedit-edit juga dialognya. Mohon memberi teguran untuk ybs dan menurunkan semua atribut kampanye yang berhubungan dengan properti intelektual saya 1x24 jam ini," tulis Faza Meonk.



Dimintai konfirmasi terpisah, Wasekjen PD Andi Arief mengaku akan mengecek lebih dulu kadernya yang menggunakan komik Si Juki tanpa izin buat kampanye. Jika hal itu terbukti benar, PD meminta maaf dan akan menegur yang bersangkutan.

"Di daerah ya. Di luar pantauan kita. Nanti dicek dulu. Kalau benar kami minta maaf dan akan menegur dan menurunkan," kata Andi Arief.


Simak Juga "Cerita Komikus 'Si Juki' Bikin Komik Pakai Laptop":

[Gambas:Video 20detik]


(idn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed