Prabowo Unggul Versi Puskaptis, TKN Jokowi: Survei Dagelan!

Elza Astari Retaduari - detikNews
Senin, 08 Apr 2019 17:05 WIB
Foto: Tiurmaida. (Ari Saputra/detikcom).
Jakarta - Hasil survei Lembaga Survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menunjukkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dari Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyebut hasil Puskaptis sebagai survei dagelan.

"Survei Puskaptis bahwa Prabowo-Sandiaga berpeluang besar menang Pilpres 2019 merupakan survei dagelan yang meramaikan iklim perpolitikan menjelang Pemilu 17 April mendatang," ujar Influencer TKN Jokowi-Ma'ruf, Tiurmaida Tampubolon kepada wartawan, Senin (8/4/2019).

Bukan tanpa alasan Tiur menyebut survei Puskaptis hanya dagelan. Ia mengingatkan soal Puskaptis yang bermasalah saat Pilpres 2014.


"Mengapa disebut survei dagelan? Sebab, Lembaga Survei Puskaptis ini juga pernah muncul pada Pilpres 2014 lalu. Lucunya , Pukaptis dan tiga lembaga riset lainnya, yakni Lembaga Survei Nasional (LSN), Indonesia Research Center (IRC), dan Jaringan Suara Indonesia (JSI), memenangkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa padahal lembaga survei lainnya merilis hasil Jokowi-Jusuf Kalla yang menang, dengan selisih angka tidak jauh dari real count KPU," beber Tiur.

Wasekjen Partai Hanura ini menyebut hasil survei Puskaptis hanya diada-adakan saja. Tiur juga menyebut Puskaptis sengaja menarasikan Prabowo sebagai karakter tegas dan bewibawa, serta dianggap mampu memperbaiki permasalahan ekonomi.

"Hasil survei Lembaga Puskaptis yang menyebut elektabilitas capres cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang atas Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 mengada-ada atau diada-adakan," ucapnya.

"Sudah jelas-jelas diungkap bahwa Pak Prabowo identik dengan sering marah-marah bahkan sejumlah tokoh juga kerap menyatakan bahwa Pak Prabowo memiliki masalah dengan pengendalian emosi karena kerap melempar HP dan membentak2 marah, kok Puskaptis menarasikan sebagai pemimpin tegas berwibawa. Sangat- angat tidak pas memaknai pemimpin disebut bermakna tegas dan berwibawa," tutur Tiur.


"Lucunya lagi, saat ini pun hasil Lembaga Survei Puskaptis juga berbeda dengan hasil survei terakhr 5 lembaga survei lainnya yang memenangkan Jokowi," sambungnya.

Puskaptis menyatakan Prabowo-Sandi unggul tipis atas Jokowi-Ma'ruf Amin. Elektabilitas Prabowo-Sandi disebutkan sebesar 47,59 persen, sementara Jokowi-Ma'ruf 45,37 persen.

Penelitian dilakukan pada 26 Maret sampai 2 April 2019 dengan jumlah responden 2.100 orang. Metode yang dilakukan adalah random sampling dengan margin of error +/- 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei Puskaptis berbeda dengan sejumlah lembaga survei lainnya. Mayoritas lembaga survei yang merilis hasil surveinya menyebut Jokowi-Ma'ruf lebih unggul dari Prabowo-Sandiaga.


Charta Politika: Hampir 50% Masyarakat Maklumi Politik Uang (elz/fjp)