detikNews
Sabtu 06 April 2019, 23:22 WIB

Penyebar Video Pria Penuh Akik Hina Jokowi juga Ditahan Polisi

Audrey Santoso - detikNews
Penyebar Video Pria Penuh Akik Hina Jokowi juga Ditahan Polisi Foto: Pria penghina Jokowi yang ditangkap polisi di Bogor (ist)
Jakarta - Polisi tak hanya menangkap B, pria penuh batu akik di Bogor, Jawa Barat, yang menghina dan memfitnah Presiden Joko Widodo. Dalam kasus ini, polisi turut mengamankan pihak yang merekam dan menyebarluaskan video B saat beraksi.

"Laki-laki berinisial S berperan sebagai orang yang merekam video dan disebarkan melalui Media Sosial WhatsApp Group," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, kepada detikcom, Sabtu (6/4/2019).


Dari foto yang didapat detikcom, nampak S mengenakan baju tahanan berwarna oranye. Dedi membenarkan pihaknya telah menetapkan S sebagai tersangka dan kini ditahan di Mapolres Bogor.

"Iya (S ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan)," ucap Dedi.

Dedi menjelaskan, S ditangkap pada Kamis, 4 April 2019, pukul 21.20 WIB di rumahnya, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor.


Polisi menyita barang bukti HP merek Oppo, yang digunakan untuk merekam dan menyebarkan video, dari tangan S.

Sama seperti B, polisi menjerat S dengan Pasal 45 ayat (3) dan atau Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19/2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11/2008 tentang ITE dan atau Pasal 14 ayat (1) UU No 1 thn 1946 tentang peraturan hukum pidana dan atau Pasal 157 ayat (1) KUHP.

Sebelumnya diberitakan seorang pria yang jari-jarinya penuh batu akik ditangkap jajaran Polres Bogor karena melakukan orasi berisi hinaan dan fitnah kepada Jokowi. Belakangan polisi merilis identitas pria tersebut, yaitu berinisial B.


Aksi B tersebut direkam dalam format video dan viral di media sosial. Dalam video, terlihat B berdiri di pinggir jalan raya membawa kertas putih bertuliskan hinaan terhadap presiden yakni 'Hei Jokowi rakyat sudah muak jijik sama lu..!'

Tidak sampai di situ, pria ini juga berorasi sambil melakukan penghinaan terhadap Jokowi. Dengan suara lantang dia menyuarakan hinaannya di tengah lalu lintas yang padat. Dia menuding Jokowi sebagai antek China dan juga PKI.

"Jokowi babu China. Presiden terg***ok di dunia. D***ok, bl**n, id**t, Pilih Prabowo," ujarnya.

"Babu China, PKI. Takut-takut amat bela Allah, emang dia PKI," sambungnya lagi.

Dalam video lain yang juga viral, yang diduga sebagai video penangkapan, tampak pelaku mengenakan banyak cincin akik di jari tangannya. Saat diamankan, dia mengenakan kaos bertuliskan tagar #2019GantiPresiden.
(aud/zak)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com