detikNews
Sabtu 06 April 2019, 11:46 WIB

Mendagri Imbau Pemilih Tak Golput, Optimistis Pemilu Sukses

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Mendagri Imbau Pemilih Tak Golput, Optimistis Pemilu Sukses Foto: Rolando/detikcom
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan tak ada langkah khusus yang dilakukan pemerintah untuk mencegah golput. Namun, Tjahjo mengimbau agar para pemilih menggunakan hak pilihnya.

"Ya, nggak ada (langkah khusus). Kami hanya mengimbau bahwa pemilu itu warga negara punya hak konstitusional," kata Tjahjo di Hotel Sari Pasific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2019).



Menurut Tjahjo, saat ini MK sudah memperlonggar aturan dengan mengesahkan surat keterangan (suket) bisa digunakan untuk memilih. Karena itulah, Tjahjo mengimbau semua yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS.

"Saya harapkan masyarakat yang punya hak konstitusional, datanglah. Ini momentum yang terbaik setiap 5 tahun. Jangan sampai hak politiknya itu terganggu, hilang, untuk menentukan pemimpin yang amanah," tuturnya.



Lebih lanjut, Tjahjo optimistis pelaksanaan pemilu akan sukses. Ia yakin masyarakat akan terjamin keamanannya

"Saya optimistis bahwa pelaksanaan pemilu ini akan lancar dan sukses. Kepolisian dengan di-backup TNI, dibackup BIN, semua sudah siap, sudah melakukan deteksi dini sampai TPS-TPS yang ada, penguatan-penguatan aparaturnya," ucap Tjahjo.

"Menjaga agar masyarakat dijamin keamanannya, dijamin ketertibannya untuk bisa secara bebas menyalurkan aspirasi politiknya di TPS," pungkasnya.



Tonton jug video Untuk Para Golputers, Dengarkan Pesan Dari Daniel Mananta Nih!:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com