CT Arsa Foundation Teken MoU Kesehatan Gigi dan Mulut dengan PDGI

Roland - detikNews
Jumat, 05 Apr 2019 23:19 WIB
CT Arsa Foundation bersama PDGI kerja sama untuk memberi penyuluhan hingga pengobatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - CT Arsa Foundation menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). CT Arsa menyebut kerja sama ini sebagai bentuk tanggung jawab untuk kesehatan gigi dan mulut nasional.

Awalnya Ketua CT Arsa Foundation, Anita Ratnasari Tanjung dalam sambutannya bercerita tentang pengalamannya bersama komunitas Arsa memberikan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di berbagai daerah. Menurutnya, dengan kerja sama ini PDGI dapat mendukung penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang sudah dilakukan CT Arsa sebelumnya.

"Kami juga mempunyai komunitas Arsa. Komunitas Arsa kami memiliki 20 regional dari Sabang sampai Merauke. Jadi ada dari Kalimantan, Sulawesi, jadi semua kita tempatkan komunitas-komunitas Arsa di mana mereka bekerja volunteer dan mereka memberikan pendidikan kepada anak-anak di pelosok daerah. Mereka juga memberikan bagaimana cara menggosok gigi dengan benar, jadi mereka memberikan kegiatan bagaimana untuk kesehatan gigi yang benar. Jadi mereka membantu sekali, sampai pelosok," ujar Anita, di kediamannya, Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/4/2019).


"Sejalan dengan pentingnya kegiatan ini, maka saya ingin sekali PDGI ikut men-support dan melindungi kegiatan-kegiatan yang tidak saja di mobil sehat tapi juga kita melakukan tanpa mobil sehat. Jadi kami merasa ini merupakan tanggung jawab kita semua," sambungnya.

Menurut Anita, kesehatan gigi dan mulut merupakan tanggung jawab bersama. Kerja sama ini semaksimal mungkin bisa meliputi tindakan pencegahan hingga penyembuhan.

Ketua CT Arsa Foundation Anita Ratnasari Tanjung bersama Ketua PDGI Sri Hananto Seno teken MoU kerja samaKetua CT Arsa Foundation Anita Ratnasari Tanjung bersama Ketua PDGI Sri Hananto Seno teken MoU kerja sama (Foto: Rolando/detikcom)

"Jadi ini tanggung jawab sama-sama, Dok, untuk kita bergerak. Kita harus bisa juga semaksimal mungkin selain juga kita melakukan tindakan promotif, dan preventif, dan akhirnya kita bisa melakukan tindakan kuratif," kata Anita.


Di lokasi yang, Ketua PDGI, Sri Hananto Seno menyambut baik kerja sama ini. Diharapkan nantinya ada peningkatan dan promosi kesehatan gigi dan mulut di tengah masyarakat.

"Hari inilah kesempatan terbaik, hari inilah kolaborasi PDGI dan CT Arsa Foundation untuk memberikan peningkatan atau promosi kesehatan kepada masyarakat Indonesia," ucap Seno.

Seno pun mengungkap sudah ada 270 cabang PDGI di seluruh Indonesia yang siap berkolaborasi dengan CT Arsa di lapangan.


"Mari kita semuanya memberikan pelayanan, memberikan promosi terus menerus, jangan berhenti. Dengan kerja sama dengan CT Arsa ini sudah ada alatnya, sudah ada mobilnya, orangnya sudah ada. PDGI punya 270 pengurus cabang di seluruh Indonesia. Jadi kalau CT Arsa mau ke mana-mana, ketemu dengan cabangnya, sudah kita kontak, dari Irian sampai Aceh sudah ada semuanya," jelasnya:

Selain itu, Seno mengatakan komitmen ini harus tetap dijaga. Kerja sama ini menurutnya untuk kepentingan kesehatan gigi dan mulut seluruh masyarakat Indonesia.

"Komitmen ini dijaga teruslah. Kita sampaikan kepada PDGI se-Indonesia bahwa malam ini kita sudah menandatangani untuk kepentingan masyarakat, untuk kepentingan kesehatan masyarakat, untuk kepentingan merubah sikap yang tadinya salah menjadi benar," imbuh Seno. (jbr/gbr)