9 Fakta Yusril Ihza Mahendra yang Bongkar Chat dengan Habib Rizieq

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Apr 2019 11:49 WIB
9 Fakta Yusril Ihza Mahendra yang Bongkar Chat dengan Habib Rizieq/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Yusril Ihza Mahendra membongkar transkrip lengkap Habib Rizieq yang meragukan keislaman Prabowo Subianto. Ada beberapa fakta tentang Yusril. Simak di sini.

Yusril lahir di Lalang, Manggar, Belitung Timur, pada 5 Februari 1956. Saat ini dia berumur 63 tahun.

Berikut fakta tentang Yusril Ihza Mahendra.



1. Pendidikan

Yusril menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Dia juga menekuni ilmu filsafat di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Setelah itu dia mengambil gelar Master di University of the Punjab, Pakistan (1985). Gelar Doktor Ilmu Politik dia dapatkan di Universitas Sains Malaysia (1993). Yusril juga sempat belajar singkat di Akademi Teater di Taman Ismail Marzuki, selama setahun.

2. Dosen di Universitas Indonesia

Yusril memulai kariernya sebagai pengajar di Universitas Indonesia pada mata kuliah Hukum Tata Negara, Teori Ilmu Hukum, dan Filsafat Hukum. Dari universitas tersebut, ia memperoleh titel Guru Besar Ilmu Hukum.

Selain mengajar, ia juga aktif dan menjadi pengurus beberapa organisasi, seperti Muhammadiyah, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

3. Penulis Pidato Soeharto

Pada tahun 1996, Yusril diangkat oleh Soeharto sebagai penulis pidato presiden. Hingga tahun 1998, ia telah menulis pidato untuk presiden 204 buah. Ketika Reformasi 1998, Yusril berperan besar ketika ia menuliskan pidato berhentinya Soeharto.

4. Pendiri Partai Bulan Bintang

Bersama para reformis muslim, dia mendirikan Partai Bulan Bintang. Partai sebagai pewaris Partai Masyumi ini digagas oleh 22 Ormas Islam. Yusril duduk sebagai ketua umum dari tahun 1998 hingga 2005.

Pada 26 April 2015, Yusril Ihza Mahendra terpilih sebagai Ketua Umum Partai Bulan Bintang di Muktamar IV PBB. Ia terpilih secara aklamasi setelah calon lainnya Rhoma Irama tidak datang.
5. Jadi Menteri

Yusril telah menempati jabatan sebagai menteri dalam kabinet pemerintahan Indonesia, yaitu Menteri Hukum dan Perundang-undangan pada Kabinet Persatuan Nasional, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Kabinet Gotong Royong, dan Menteri Sekretaris Negara pada Kabinet Indonesia Bersatu.

6. Dirikan Firma Hukum

Bersama adiknya Yusron Ihza, ia mendirikan firma hukum Ihza & Ihza Law Firm. Selain itu Yusril menulis buku, jurnal, dan kolom di media dengan tulisannya tentang masalah hukum tata negara dan politik Islam. Yusril juga pernah dipercaya sebagai President Asian-African Legal Consultative Organization yang bermarkas di New Delhi, India.


7. Keluarga

Yusril menikah dua kali yakni dengan Kessy Sukaesih dan Rika Tolentino Kato. Dari pernikahannya dengan istri pertama, ia dikaruniai 4 anak. Dia bercerai dengan Sukaesih pada November 2005. Kemudian dia menikah dengan Rika pada bulan September 2006.

Dari pernikahannya dengan Rika, Yusril telah mendapatkan 2 orang anak. Usia Rika terpaut 30 tahun dibandingkan Yusril.

8. Pengacara Pasangan Jokowi-Ma'ruf

Yusril ditunjuk sebagai pengacara pasangan capres cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Namun Yusril mengatakan dia bukan pengacara Presiden Jokowi. Dia menuturkan Timses Jokowi memintanya tak bicara soal partai, hanya mengurus masalah hukum.


9. Bongkar Chat dengan Habib Rizieq


Yusril Ihza Mahendra mengungkap transkrip lengkap percakapan WhatsApp dengan Habib Rizieq yang meragukan keislaman Prabowo Subianto. Yusril menegaskan transkrip percakapan itu merupakan bukti bahwa dirinya tak menyebarkan kebohongan.

"Perhatikan tanggal dan jam komunikasi via WA antara Yusril dan Habib Rizieq. Komunikasi bulan September 2018 itu belum dua tahun, lho. Nyata dalam video itu Habib Rizieq BERBOHONG. Yusril dan Habib tidak pernah komunikasi membahas Prabowo seperti dikatakan Habib Rizieq juga BOHONG," kata Yusril kepada wartawan, Rabu (3/4/2019).

Pengacara Habib Rizieq, Sugito Atmo Prawiro, meminta PBB membeberkan bukti percakapan Yusril dengan kliennya yang meragukan keislaman Prabowo. Sugito meminta bukti tersebut tidak disimpan.

"Ya kalau memang dia punya bukti dan informasi diserahkan saja, diinformasikan saja. Kalau kami selama ini mengatakan ya memang kalau Prabowo Islamnya, menurut Habib Rizieq biasa saja tetapi masih Islam. Tapi kalau misalnya mengatakan meragukan keislaman Prabowo, kalau memang Yusril punya bukti informasi jangan hanya keep saja," kata Sugito saat dihubungi, Rabu (3/4/2019).


Saksikan juga video 'Yusril Ungkap Chat Rizieq Syihab, Fahri: Yusril Kecewa':

[Gambas:Video 20detik]

(nwy/van)