12 Siswa SMK yang Tersesat di Hutan Riau Ditemukan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 03 Apr 2019 16:16 WIB
Foto: 12 siswa SMK yang tersesat di Hutan Riau ditemukan. (dok Basarnas)
Pekanbaru - Tim gabungan dari Basarnas Pekanbaru, BPBD dan Polres Ingragiri Hulu (Inhu) akhirnya menemukan belasan siswa SMK yang tersesat di Hutan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) di Riau. Dua di antaranya ditemukan dalam kondisi lemas.

"Tim gabungan sudah menemukan 12 siswa SMK dan 1 pendamping dari Polhut yang tersesat di TNBT," kata Humas Basarnas Pekanbaru, Kukuh Widodo kepada wartawan, Rabu (3/4/2019).


Menurut Kukuh, siswa dan pendampingnya yang tersesat di hutan ditemukan sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka langsung diboyong tim gabungan ke barak.

"Saat ditemukan ada dua siswa SMK Pekanbaru yang dalam kondisi lemas. Namun secara keseluruhan mereka sehat," kata Kukuh.

Kini, seluruh korban yang tersesat sudah dievakuasi dari lokasi. Rombongan SMK yang lagi praktik ini tersesat sekitar 8 Km dari titik awal.

"Semuanya sudah kita evakuasi," kata Kukuh.

Sebagaimana diketahui, ada 12 siswa SMK Kehutanan Pekanbaru didampingi satu Polhut tersesat dalam hutan. Mereka tiba di lokasi Selasa (3/4) pagi.

Mereka ke TNBT guna praktik simulasi patroli perlindungan dan pengawasan kawasan taman nasional. Tetapi dalam perjalanannya, mereka keluar jalur dari yang sudah ditentukan petugas Balai TNBT. Kondisi itulah yang membuat mereka tersesat tidak bisa kembali ke base camp semula. (cha/idh)