DetikNews
Rabu 03 April 2019, 10:15 WIB

Sedihnya Pak Hakim: Terdepan Bebaskan Lahan Tol Tak Diundang Peresmian

Andi Saputra - detikNews
Sedihnya Pak Hakim: Terdepan Bebaskan Lahan Tol Tak Diundang Peresmian Ketua PN Gunung Sugih (bertopi-tengah) memimpin pembebasan lahan beberapa waktu lalu (ist.)
Bandar Lampung - Pulau Sumatera kini memiliki jalan tol terpanjang di Indonesia, yaitu Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 km. Tol itu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal Maret 2019. Masih banyak kisah yang belum terceritakan.

Salah satunya proses pembebasan lahan ribuan hektare di atas proyek tol. Untuk pembebasan lahan, pengadilan menjadi garda terdepan eksekusi. Dibantu aparat, petugas pengadilan menjadi bamper setiap eksekusi.

Sedihnya Pak Hakim: Terdepan Bebaskan Lahan Tol Tak Diundang Peresmian

Salah satunya pembebasan lahan di Lampung Tengah. Ketua PN Gunung Sugih, Syamsul Arief memimpin langsung pengosongan lahan, meski ada penolakan dari warga hingga preman. Berbagai cara dilakukan agar proyek pemerintah itu berjalan.


Bagi yang tidak setuju, bisa mengajukan gugatan gant rugi ke pengadilan. Hasilnya, kini tol tersebut bisa dilalui dan dinikmati seluruh warga yang hendak melintasi Lampung.

Namun, ada yang mengganjal di hati Syamsul. Sederhana tapi mengusik sanubarinya.
Sedihnya Pak Hakim: Terdepan Bebaskan Lahan Tol Tak Diundang Peresmian

"Apakah Presiden tahu peran pengadilan itu? Saya rasa tahu. Tapi anak buahnya di kementerian 'men-zoom out' peran pengadilan itu. Kok bisa? Ya, dalam daftar peresmian jalan tol itu tidak ada orang pengadilan dalam daftar undangan," kata Syamsul saat berbincang dengan detikcom, Rabu (3/4/2019).


Syamsul malah kaget, ada aparat yang tidak bersentuhan dengan proses pembebasan lahan malah diundang.

Sedihnya Pak Hakim: Terdepan Bebaskan Lahan Tol Tak Diundang Peresmian

"Jadi kecewa? Ya rasanya. Tapi tidak penting saya atau Ketua Pengadilan Tinggi saya duduk dalam kursi undangan peresmian Tol itu. Saya mau Presiden perbaiki sistem aturan penggajian hakim. Naikan gaji dan kesejahteraan hakim. Sesederhana itu saja!" cetus Syamsul.
Sedihnya Pak Hakim: Terdepan Bebaskan Lahan Tol Tak Diundang PeresmianPeresmian Tol Bakauheni- Terbanggi Besar oleh Jokowi



(asp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed