DetikNews
Selasa 02 April 2019, 12:59 WIB

Siswa SMA Keluhkan Sulitnya Soal UNBK Matematika

Tim detikcom - detikNews
Siswa SMA Keluhkan Sulitnya Soal UNBK Matematika Ilustrasi UNBK di Palu pada Senin (1/4). (Foto: ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Palu - Siswa-siswa SMA hari ini mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk mata pelajaran matematika. Sejumlah siswa mengeluhkan sulitnya soal UNBK Matematika.

"Soal matematika ada 40 nomor dan rata-rata susah dijawab," kata Farin, siswi SMA Negeri 2 Palu, seperti dilansir Antara, Selasa (2/4/2019).

Soal UNBK Matematika 2019 ini dianggap lebih menguras pikiran dibanding mata pelajaran bahasa Indonesia yang diujikan pada hari pertama UNBK. Farin mengatakan, meski soalnya sulit, dia tetap dapat mengerjakan tepat waktu. Jumlah siswa peserta UNBK di SMA Negeri 2 Palu sekitar 300 orang.



Hal senada disampaikan Rosmini, siswi SMA Negeri 1 Palu. Menurutnya, soal UNBK matematika 2019 yang diujikan cukup sulit dikerjakan tapi tetap biasa dijawab. Hanya, apakah benar atau salah, para siswa masih ragu.

Baik Farin maupun Rosmini mengakui pelaksanaan UNBK mulai hari pertama sampai hari kedua berlangsung lancar. Selama UNBK berlangsung, tidak ada gangguan, baik listrik maupun internet. Naskah ujian tidak ada yang kurang, sehingga seluruh peserta UNBK bisa sama-sama mengikuti ujian tepat waktu.


Sementara itu, keluhan tentang soal UNBK matematika yang sulit ini juga membanjiri kolom komentar Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Pantauan detikcom, admin akun Kemdikbud pun membalas komentar para siswa dengan memberi semangat.

Siswa SMA Keluhkan Sulitnya Soal UNBK MatematikaFoto: Screenshot Instagram Kemdikbud RI

Siswa SMA Keluhkan Sulitnya Soal UNBK MatematikaFoto: Screenshot Instagram Kemdikbud RI


Setelah bahasa Indonesia dan matematika, para siswa akan mengikuti UNBK bahasa Inggris. Tapi ujiannya akan berlangsung pada Kamis (4/4) karena Rabu (3/4) merupakan hari libur, yakni Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed