detikNews
Selasa 02 April 2019, 09:26 WIB

Amien Sebut KPU Bentukan Politik Petahana, BPN: Banyak DPT Ganda, Wajar Curiga

Arief Ikhsanudin - detikNews
Amien Sebut KPU Bentukan Politik Petahana, BPN: Banyak DPT Ganda, Wajar Curiga Suhud Aliyudin (Foto: Tsarina/detikcom)
Jakarta - Amien Rais menuding KPU merupakan Amien political creature atau bentukan politik dari petahana untuk memenangi Pilpres 2019. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjelaskan maksud anggota dewan pembinanya itu.

"Itu kan karena banyak DPT ganda-ganda sehingga harus disampaikan untuk perbaikan. (KPU) semampunya karena waktu sudah mepet harus dipastikan pembersihan DPT ganda harus dibereskan," ujar jubir BPN Prabowo-Sandiaga, Suhud Alynuddin, kepada wartawan, Selasa (2/4/2019).

Suhud mengungkapkan, pihaknya telah menemukan adanya 17,5 juta DPT bermasalah. Karena itu, wajar jika Amien curiga ada indikasi kecurangan dilakukan.


[Gambas:Video 20detik]


"Ketika jumlahnya banyak, ini banyak yang curiga bahwa ini ada faktor lain. Kalau saya lihat permintaan Pak Amien kan agar pemilu dijalankan secara jujur. Bisa saja kecurigaan wajar muncul, untuk hindari itu maka KPU harus optimal sisir DPT ganda ini," ucap Suhud.

Sebelumnya, Amien Rais terus-menerus menyoroti masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang invalid. Amien menyindir lembaga yang, menurutnya, memberikan DPT 'abal-abal'.

Amien menilai Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri mengemban sebuah misi sehingga, menurutnya, wajar jika warga negara punya kecurigaan terhadap penguasa. Ia juga menyindir KPU yang menurutnya sedang memikul 'beban'.


"Kalau menurut logika saya, from day one, sejak hari pertama itu tugas dari KPU yang terutama ini merupakan political creature atau bentukan politik dari petahana ini yang memikul beban, supaya apa? Supaya petahana bisa re-elected," ujar Amien di Ayana Midplaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (1/4).


Saksikan juga video 'Sandi Minta KPU Jelaskan soal 17,5 Juta DPT Tak Wajar':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com