Sidang Suap Izin Meikarta

Kadis di Bekasi: Sebagai Anak pada Ibu, Kami Setor Uang ke Bupati

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 27 Mar 2019 14:53 WIB
Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin (Foto: Antara Foto/M Agung Rajasa)
Bandung - Jajaran kepala dinas di Pemkab Bekasi rupanya kerap menyetorkan uang ke Neneng Hassanah Yasin semasa aktif sebagai Bupati Bekasi. Setoran uang itu diakui rutin diberikan dan tidak berkaitan dengan proyek Meikarta. Lalu apa tujuannya?

Rohim Sutisna dan Abdul Rofik mengakui adanya setoran tersebut. Rohim merupakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik; sedangkan Abdul menjabat Kepala Dinas Perdagangan dan Industri.

Keduanya dihadirkan jaksa KPK dalam persidangan perkara suap terkait perizinan proyek Meikarta. Rohim yang duduk di kursi saksi mengaku pernah dua kali memberikan uang ke Neneng. Pemberian pertama sebesar Rp 65 juta diakuinya diberikan melalui sekretaris pribadi Neneng bernama Acep Abdi Eka Pradana, sedangkan pemberian kedua Rp 20 juta melalui ajudan Neneng bernama Marpuah Affan.

"Sumber uang tersebut dari mana?" tanya jaksa pada Rohim dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (27/3/2019).




"Uang pribadi. Dari honor saya," kata Rohim menjawab.

Rohim mengaku pemberian itu tidak berkaitan dengan apa pun, hanya inisiatif pribadinya. Dia hanya menyebutkan pemberian itu dilakukannya saat momen bulan puasa.

"Saksi diminta datang oleh Bupati Neneng atau inisiatif sendiri?" tanya jaksa.

"Inisiatif sendiri," jawab Rohim.