detikNews
Rabu 27 Maret 2019, 11:51 WIB

Mendagri Minta Ormas Ikut Sosialisasikan ke Warga agar Tak Golput

Eva Safitri - detikNews
Mendagri Minta Ormas Ikut Sosialisasikan ke Warga agar Tak Golput Foto: Mendagri Tjahjo Kumolo meminta ormas ikut terlibat dalam mensosialisasikan tolak gilput di Pemilu 2019. (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta seluruh organisasi masyarakat (ormas) terlibat dalam Pemilu 2019. Menurut Tjahjo, ormas bisa dilibatkan untuk mensosialisasikan ajakan jangan golput.

"Saya mohon titip libatkan ormas kemasyarakatan yang cukup besar di negara kita ini, ada 406.709 lebih ormas, baik di tingkat nasional, tingkat provinsi tingkat kabupaten/kota kecamatan sampai yang ada di tingkat paling bawah. Tolong bisa digerakkan, diorganisir bisa diajak untuk ikut mensosialisasikan pemilu mengajak masyarakat untuk menggunakan haknya dengan baik," kata Tjahjo di Jakarta, Rabu (27/3/2019).



[Gambas:Video 20detik]



Permintaan tersebut disampaikan Tjahjo saat memberikan sambutan dalam Rakornas Kewaspadaan Nasional, di Hotel Grand Paragon, Jakarta Pusat. Pelibatan ormas dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

"Memberikan dukungan dengan intens, melaksanakan sosialisasi melalui media, dan alat peraga lainnya guna meningkatkan jumlah masyarakat yang menggunakan hak pilih," jelasnya.




Kemudian, Tjahjo juga berpesan kepada pemerintah daerah, kabupaten ataupun kota untuk bersikap responsif terhadap berbagai persoalan. Hal itu guna mengetahui deteksi dini dan pemetaan adanya potensi gangguan menjelang pemilu.

"Penyelenggaraan pemilu di-backup penuh tanpa terkecuali oleh seluruh pemangku kepentingan mulai kepolisan, TNI, BIN, Pemda, tokoh adat, tokoh masyarakat harus terlibat dengan cepat, supaya deteksi dini dapat diketahui dengan baik," jelasnya.


Saksikan juga video 'Beda Pandangan MUI dan Fadli Zon soal Golput':

[Gambas:Video 20detik]


(eva/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com