DetikNews
Rabu 27 Maret 2019, 04:00 WIB

Puji Racikan Kopi Pemuda Dumai, Jokowi: Harga Lokal Rasa Internasional

Ray Jordan - detikNews
Puji Racikan Kopi Pemuda Dumai, Jokowi: Harga Lokal Rasa Internasional Capres petahana Jokowi saat mencicipi kopi racikan pemuda Kota Dumai yang dinilainya bercita rasa internasional (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Dumai - Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) selalu mencicipi racikan kopi dari kedai kopi di daerah yang dia kunjungi. Kali ini dia mencicipi racikan minuman kopi anak muda Kota Dumai yang dia nilai rasanya berkelas internasional.

Hal itu dikatakan Jokowi usai dirinya mencicipi Kopi Vienna yang dibawa ke Kedai Kopi Arabika Kota Dumai, Riau, Selasa (26/3/2019) malam. Dia mengatakan produk unggulan seperti kopi Vienna itu harus diangkat.

"Produk-produk unggulan seperti ini harus diangkat, jangan sampai hanya jadi produk lokal saja tapi kalau bisa jadi nasional," kata Jokowi.


Harga segelas kopi Vienna yang diminum Jokowi Rp 12.000. Dia menilai harga itu murah, namun rasanya tidak murahan.

"Kopi ini, hanya Rp 12 ribu. Rasanya internasional, harganya sangat lokal, rasanya global, rasa internasional, sampai habis ini saya minum," kata Jokowi.

Saat minum kopi di kedai kopi Arabika, Kota Dumai itu, Jokowi juga sempat berbincang dengan anak muda yang membuat kopi bermerek 'Vienna' itu. Jokowi mengapresiasi usaha anak muda kota Dumai tersebut. Dia pun membeli beberapa gelas untuk diminum bersama warga.

Puji Racikan Kopi Pemuda Dumai, Jokowi: Harga Lokal Rasa InternasionalFoto: Ray Jordan/detikcom

Borong Durian Rp 600 Ribu

Usai menikmati Kopi Vienna di Kedai Kopo Arabika, Kota Dumai, Jokowi langsung bertolak menuju hotel. Namun di tengah perjalanan Jokowi berhenti untuk membeli durian.

Mobil Toyota Innova yang ditumpangi Jokowi berjalan perlahan dari kedai kopi Arabika, Jl Ombak, Kota Dumai, Riau, Selasa (26/3/2019). Mobil berjalan perlahan karena didekati warga. Jokowi sempat membagikan baju kaus kepada warga.

Dari Jalan Ombak, mobil berbelok ke kanan ke arah Pasar Pulau Payung. Di kiri jalan terlihat beberapa lapak jualan durian.

Tiba-tiba mobil yang ditumpangi Jokowi berhenti. Warga langsung berteriak.

"Eh Pak Jokowi berhenti. Beli durian Pak!" teriak warga.


Jokowi pun berhenti tepat di salah satu lapak jualan durian. Jokowi berbincang dengan pedagang dan meminta dipilihkan beberapa buah durian yang manis.

"Coba pilihkan. Nanti kalau tidak manis boleh dibalikin ya. Kita janjian ya, kalau nggak enak dibalikin ya," kata Jokowi.

Penjual durian mengangguk dan sibuk memilihkan durian untuk Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga tampak sibuk memegang dan mencium aroma durian.

"Yang ini baunya nggak ada nih," kata Jokowi.


Ketua TKN Erick Thohir dan Wakil Ketua TKN yang juga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko ikut bergabung bersama Jokowi memilih durian.

Akhirnya, terkumpul 10 buah durian. Harga 1 buahnya Rp 30 ribu.

"Jadi berapa?" tanya Jokowi.

"Rp 300 ribu Pak," jawab penjual.


Jokowi kemudian meminta sejumlah uang dari asisten ajudannya M Syarief. Jokowi memberikan uang kepada pedagang sebanyak Rp 600 ribu.

Seorang warga kemudian spontan meminta durian kepada Jokowi. Sebelum meninggalkan lapak, Jokowi memberikan sebuah durian kepada warga yang meminta itu.

"Serius Pak? Wah, alhamdulillah. Terima kasih Pak. Baik sekali. Bapak ternyata ramah," kata warga.


Saksikan juga video 'Jokowi Berpantun, Massa Kampanye di Dumai Heboh':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed