DetikNews
2019/03/26 19:21:25 WIB

Momen-momen Hingga Akhirnya Anies dan Prasetio Sepakati Tarif MRT

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Momen-momen Hingga Akhirnya Anies dan Prasetio Sepakati Tarif MRT Foto: Anies dan Ketua DPRD DKI sepakati tarif MRT Jakarta (Arief/detikcom)
Jakarta - Siang tadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi akhirnya menyepakati tarif MRT Jakarta menjadi Rp 4.000-14.000 sesuai jarak. Seperti apa detik-detik kesepakatan itu?

Kemarin, Senin (25/3/2019), rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) di gedung DPRD DKI Jakarta memutuskan tarif MRT Rp 8.500 rata-rata dari Lebak Bulus ke Bundaran HI. Tapi bagi Anies, tarif itu belum final. Hal itu disampaikan Anies pada Selasa (26/3/2019) pagi, setelah pembukaan Musrenbang Jakarta Barat.

"Kemarin memang dewan sudah bersidang dan kita terus membahasnya sampai nanti ditetapkan lewat Kepgub (Keputusan Gubernur), karena penetapannya melalui Kepgub, sekarang masih fase pembahasan," ucap Anes kepada wartawan di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Kembangan Raya, Jakarta Barat.



Anies meminta tarif yang disetujui bukan penyebutan satu harga. Tarif yang disetujui harus berbentuk tabel harga antar stasiun.

"Jadi menurut saya, jangan sampai masyarakat keliru mengira angka yang sebut adalah tarif MRT karena itu kemarin saya menghindari istilah satu harga itu, karena memang harganya beda tergantung dari mana ke stasiun mana," ucap Anies.

Anies menyebut akan bertemu dengan dewan untuk membahas ulang. Dia berjanji sudah ada kesepakatan sebelum operasi komersial pada 1 April 2019.

"Kita masih ada waktu, toh ini masih belum beroperasi secara komersial jadi saya masih akan biara dengan dewan, mudah-mudahan sesegera mungkin," kata Anies.

Pada siang hari, agenda Anies adalah Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta pergantian antar waktu (PAW) Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Demokrat. Anies berjalan dari Balai Kota Jakarta ke Gedung DPRD sekitar pukul 13.30 WIB.

Anies ditemani Sekda DKI Jakarta Saefullahh dan beberapa pejabat lain berkunjung ke Ruang Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi di lantai 10 Gedung DPRD. Pertemuan itu dilakukan tertutup dari wartawan.

Dalam pertemuan itu, terlihat Ketua Komisi C, Santoso. Saat Rapimgab, Komisi C, keberatan dengan nilai subsidi Rp 21 ribu yang diusulkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed