Hadiri Pengajian di Ponpes Purworejo, Ma'ruf Minta Dukungan Pilpres 2019

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 26 Mar 2019 16:21 WIB
Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom
Purworejo - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menghadiri Pengajian Sewelasan di Masjid Shidiq Zarkasyi, Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan, Purworejo, Jawa Tengah. Ma'ruf Amin meminta doa agar dimudahkan dalam pilpres 2019.


Pantauan di lokasi, Ma'ruf Amin duduk di panggung bersama pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan, Purworejo Achmad Chalwani Nawawi. Sebelum memasuki masjid, Ma'ruf disambut oleh selawatan yang dilantunkan oleh para santri.

"Pertama saya terima kasih di kunjungan silaturahim. Saya memperoleh sambutan dan selamat datang yang luar biasa dari seluruh murid terikat, saya sampaikan terima kasih," ujar Ma'ruf saat menghadiri pengajian di Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan, Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (26/3/2019).


Ma'ruf Amin meminta doa dan dukungan dari masyarakat yang hadir agar menang di Pilpres 2019.

"Saya juga minta doa. Saya ini diajak jadi cawapres oleh Pak Jokowi, oleh karena itu saya minta doa dan dukungannya. Siap dukung saya? pasti? yakin? Janji? Alhamdulillah," ujar Ma'ruf.


Hadiri Pengajian di Ponpes Purworejo, Ma'ruf Minta Dukungan di Pilpres 2019Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom

Ma'ruf kemudian bercerita tentang perjuangan di luar dan di dalam pemerintahan. Bagi Ma'ruf, inti dari perjuangan adalah menjaga negara dan agama.

"Bagi kita penting bagaimana berjuang secara kultural di luar pemerintahan maupun di dalam pemerintahan. Intinya sama yaitu menjaga negara dan agama. Kita perjuangkan itu," kata Ma'ruf.

Mantan Rais Aam PBNU itu juga menegaskan bahwa NKRI adalah harga mati. Menurut dia, Pancasila merupakan titik temu dan alat pemersatu umat.

"Makanya orang NU mengatakan NKRI harga mati. Karena sudah selesai sudah, ada kesepakatan. Pancasila titik temu. Nasionalis menerima pancasila umat Islam menerima karena dianggap kebangsaan yang tauhid, Ketuhanan yang Maha Esa," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan, Achmad Chalwani Nawawi, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Mustasyar PBNU itu. Dia mengatakan Ma'ruf Amin sudah menjadi bagian keluarga dari pesantren An-Nawawi Berjang.

"Kami sebagai orang yang dituakan di ponpes, siang ini bersyukur. Bagi kita orang, As-Syeik (Ma'ruf Amin) yang sudah tidak asing lagi bagi santri An-Nawawi. Kurang-lebih 15 tahun terakhir beliau sudah 3 kali ke Berjan ini," tuturnya.



Simak Juga 'Perkenalkan, Kampanye Hologram Jokowi-Ma'ruf yang Out of The Box':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)