DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 10:50 WIB

150 Hektare Lahan di Mempawah Kalbar Terbakar

Tim detikcom - detikNews
150 Hektare Lahan di Mempawah Kalbar Terbakar ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta - Sekitar 150 hektare lahan gambut di Desa Galang, Mempawah, Kalimantan Barat. terbakar. Petugas kesulitan memadamkan api karena lokasi kebakaran jauh dari sumber air.

"Kami kesulitan memadamkan kebakaran lahan gambut tersebut, karena selain keterbatasan sarana juga sumber air yang sulit dan jauh," kata Kepala BPBD Mempawah, Hermansyah, yang dilansir dari Antara, Selasa (26/3/2019).

Dia menjelaskan, kebakaran lahan gambut tersebut sudah hingga hari ini sudah memasuki hari ketiga,. Api telah menghanguskan sekitar 150 hektare lahan semak belukar, kebun nanas dan kebun warga lainnya.



"Kami bersama instansi terkait lainnya dibantu masyarakat terus berupaya memadamkan lahan gambut yang terbakar tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Sungai Pinyuh, Kompol Sunaryo mengatakan pihak saat ini sudah memeriksa dua orang saksi, yakni saksi yang lahannya ikut terbakar dan yang satunya warga sekitar lokasi kebakaran.



"Selain itu, kami juga membantu instansi terkait dalam melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut di wilayah hukum Polsek Sungai Pinyuh," ujarnya.

Dia berharap dengan melakukan pemeriksaan atau meminta keterangan saksi tersebut, pelaku pembakaran lahan dapat terungkap.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed