DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 10:21 WIB

Buka Musrenbang Jakbar, Anies Minta Pencegahan Kebakaran Dimaksimalkan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Buka Musrenbang Jakbar, Anies Minta Pencegahan Kebakaran Dimaksimalkan Anies buka musrenbang Jakbar (Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Gubernur Jakarta Anies Baswedan meminta pencegahan kebakaran di wilayah Jakarta Barat dimaksimalkan. Menurut Anies, untuk menangani kebakaran tak cukup dengan mengirim pemadam kebakaran.

"Ini tidak bisa kita diam hanya mengirim pemadam, atau mengirim alat pemadam. Pencegahan harus dilakukan," kata Anies saat pembukaan Muyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Jakarta Barat di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Kembangan Raya, Jakarta, Selasa (26/3/2019).


Dia mengatakan pencegahan bakal dimulai dari rumah-rumah yang berisiko tinggi mengalami kebakaran. Anies menyebut pemerintah provinsi bakal mengintervensi warga yang tinggal di lingkungan berisiko kebakaran untuk memperbaiki jaringan listrik hingga kompor.

"Minggu lalu dalam Rapim (rapat pimpinan) kita lakukan proses pencegahan rumah yang punya risiko tinggi. Rumah yang punya risiko di intervensi supaya melakukan perbaikan listrik, kompor," ujarnya.

Selain Anies, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi juga membahas soal penanganan kebakaran di wilayahnya. Dia mengatakan tahun 2019 saja sudah ada lima kali kebakaran besar di Jakarta Barat.

"Kebakaran besar saja sudah terjadi lima kali tahun ini. Harus ada upaya, perlu kesadaran semua pihak termasuk masyarakat. Maka, harus ada program penguatan dan pemberdayaan inklusi masyarakat," ucap Rustam.



Dia juga bicara soal tidak adanya hidran di lokasi rawan kebakaran. Menurutnya, hal itu perlu diatasi agar mobil pemadam kebakaran tidak sulit mencari sumber air saat sedang melakukan pemadaman.

"Lokasi rawan kebakaran tidak ada hidrannya. Sulit mencari sumber ada sumber air. Kalau tidak ada hidran, bagaimana cara agar mobil kebakaran tidak kesulitan mencari air," ucap Rustam.
(aik/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed