DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 14:30 WIB

Anggota JAD Lampung Ditangkap Terkait Jaringan Teroris Sibolga

Audrey Santoso - detikNews
Anggota JAD Lampung Ditangkap Terkait Jaringan Teroris Sibolga Ilustrasi penjara/Foto: andi saputra
Jakarta - Seorang pria berinisial K ditangkap karena diduga terkait teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Polisi menyebut K masih satu jaringan dengan terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara, Abu Hamzah.

"Masih ada sleeping cell yang masih terus bergerak. Dan mereka terus dimonitor oleh Densus 88. Yang ditangkap di Lampung adalah seorang DPO. Yang bersangkutan, atas nama K, sudah diikuti sekian lama, paska penangkapan P (teroris Lampung RIN alias Putra Syuhada)," jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2019).





Dedi menjelaskan K ditangkap di Lampung Utara pada Jumat, 22 Maret 2019. K sebelumnya merupakan anggota JAD Lampung pimpinan Ujang. Namun setelah Ujang ditangkap, K beralih ke kelompok Abu Hamzah.




"Keterlibatannya sebagai anggota JAD Lampung yang dipimpin Saudara Ujang, yang sudah ditangkap paska kejadian peledakan bom Surabaya," terang Dedi.

Dedi menerangkan K diketahui telah menjalani latihan militer atau idad di wilayah Lampung. Polisi menyita barang bukti berupa ponsel milik K yang berisi percakapannya dengan kelompok JAD.





"Dia secara aktif di dalam kelompok Lampung ini mengikuti kegiatan idad atau latihan militer, termasuk dengan P (RIN alias Putra Syuhada) yang sudah ditangkap. Barang buktinya Hp dan jaringan komunikasi dengan kelompoknya," ucap Dedi.

Terakhir, Dedi merangkum ada 10 terduga teroris yang berhasil diamankan terkait jaringan JAD Abu Hamzah (Sibolga - Tanjung Balai, Lampung, Klaten) sejak 10 Maret 2019.


Simak Juga "Polisi Ungkap Alasan Bom Diledakkan Komplotan Sibolga":

[Gambas:Video 20detik]


(aud/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed