DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 13:10 WIB

Peran Alexander Muskitta di Pusaran Suap Direktur Krakatau Steel

Tim detikcom - detikNews
Peran Alexander Muskitta di Pusaran Suap Direktur Krakatau Steel Alexander Muskitta ketika ditahan KPK (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Di antara tersangka yang ditetapkan KPK dalam kasus dugaan suap pada seorang direktur di PT Krakatau Steel (Persero), ada nama seorang Alexander Muskitta. Dia diduga berperan sebagai perantara suap dari kontraktor pada direktur pada BUMN itu.

"AMU (Alexander Muskitta) diduga bertindak mewakili dan atas nama WNU (Wisnu Kuncoro) sebagai Direktur Teknologi dan Produksi PT KS (Krakatau Steel)," ucap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang pada Sabtu (23/3/2019).




Total ada 4 tersangka yang ditetapkan KPK dalam perkara itu, antara lain:

Sebagai penerima suap
- Wisnu Kuncoro selaku Direktur Teknologi dan Produksi PT Krakatau Steel
- Alexander Muskitta sebagai swasta

Sebagai pemberi suap
- Kenneth Sutardja selaku swasta
- Kurniawan Eddy Tjokro alias Yudi Tjokro selaku swasta

KPK menyebut awalnya Wisnu merencanakan suatu proyek di PT Krakatau Steel. Alexander kemudian menawarkan sejumlah kontraktor pada Wisnu untuk menggarap proyek itu. Gayung pun bersambut.




Para kontraktor yang diajukan Alexander ke Wisnu pun telah diatur untuk memberikan commitment fee atau 'biaya' untuk memuluskan proyek. Singkat cerita, terjadi transaksi haram antara pihak pemberi pada penerima suap dalam perkara itu.

"AMU menyepakati commitment fee dengan rekanan yang disetujui untuk ditunjuk, yakni PT GK (PT Grand Kartech) dan GT (Group Tjokro) senilai 10 persen dari nilai kontrak," kata Saut.

Dari keempat tersangka itu, Kurniawan tidak terjaring dalam OTT. KPK telah memperingatkan Kurniawan untuk segera menyerahkan diri.




(dhn/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed