DetikNews
Kamis 21 Maret 2019, 20:41 WIB

Transaksi Narkoba di Kalimalang, 4 Pria Ditangkap Polisi

Isal Mawardi - detikNews
Transaksi Narkoba di Kalimalang, 4 Pria Ditangkap Polisi Ilustrasi (Foto: dok. Istimewa)
Bekasi - Polisi menangkap pengedar dan pengguna narkoba di Bekasi, Jawa Barat. Juan Juahansyah (25), Rijal Maolana (23), Nur Kahpi (27), dan Muhamad Faizal (38) ditangkap saat sedang bertransaksi sabu dan ganja.

"Laporan dari masyarakat Jalan Raya Kalimalang, Kota Bekasi, sering dijadikan tempat untuk transaksi narkoba. Kemudian petugas melakukan penyidikan dan dapat menangkap seorang laki-laki yang bernama Juan," ujar Kapolsek Bekasi Utara Kompol Dedi Nurhadi di kantornya, Jalan Perum Prima Harapan, Harapan Baru, Kota Bekasi, Kamis (21/3/2019).

Juan ditangkap pada Selasa (19/3) pukul 22.00 WIB. Di kantong celana Juan didapati 1 bungkus plastik bening berisi narkotika jenis sabu.

Juan mengaku memperoleh sabu tersebut dari Rijal. Penyelidikan pun berlanjut hingga menangkap Rijal Maolana.

"Penangkapan terhadap RM (Rijal Maolana) pada Hari Rabu, 20 Maret 2019, sekitar jam 04.15 WIB di sekitar Jalan Raya Mandalika, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat," ujar Dedi.

Saat hendak ditangkap, Rijal sedang bersama dengan Nur di dalam mobil Daihatsu Xenia warna abu-abu. Polisi menemukan 2 bungkus kertas putih berisi ganja dan 1 bungkus plastik berisi sabu dengan berat kurang-lebih 1,64 gram.



Rijal melakukan perlawanan saat hendak ditangkap. Polisi terpaksa menembak kaki kanan Rijal.

"Rijal mengakui narkotika jenis ganja dan sabu tersebut miliknya dan masih menyimpan sisa narkotika jenis sabu miliknya di rumah Muhamad Faizal," ujar Dedi.

Polisi bergerak cepat dan berhasil menangkap Faizal di Jalan Pulo lndah 4, RT 04/02, Petir, Cipondoh, Kota Tangerang, Rabu (20/3) pukul 05.30 WIB. Dari hasil penggeledahan, didapat 7 bungkus plastik berisi sabu berat 553,7 gram, dan 1 unit timbangan digital.

Setelah diinterogasi, Rijal mengaku mendapatkan narkotika dari seorang pria bernama Samsul di sekitar Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Rijal mengakui harga per 1 gram narkotika jenis sabu sekitar Rp 1,1 juta dan apabila narkotika jenis sabu sebanyak 1 kg habis terjual, Rijal akan mendapatkan upah (dari Samsul) sebesar Rp 10 juta," ujar Dedi.

Dedi menjelaskan Juan sebagai pengguna, sedangkan Rijal, Faizal, dan Nur sebagai pengedar. Saat ini polisi masih melakukan pengejaran terhadap Samsul.

Barang bukti yang diamankan adalah 9 plastik bening berisi ganja dan sabu, 2 kertas putih berisi ganja, 1 unit timbangan, 4 unit ponsel, uang tunai Rp 500 ribu, dan lain-lain.

Pelaku dijerat Pasal 114 ayat 1 subsider Pasal 111 ayat 1 dan 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal 6 tahun penjara.




(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed