DetikNews
Rabu 20 Maret 2019, 17:16 WIB

Subkhan Petani Bawang Ditahan, BPN Beri Bantuan Hukum Jika Diminta

Tsarina Maharani - detikNews
Subkhan Petani Bawang Ditahan, BPN Beri Bantuan Hukum Jika Diminta Subkhan ditahan (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Jakarta - Moh Subkhan, petani bawang merah asal Brebes, Jawa Tengah yang sempat viral karena curhat ke Sandiaga Uno kini ditahan atas kasus penganiayaan. BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno siap memberikan bantuan hukum kepada Subkhan.

"Jika diminta, kami akan memberikan bantuan hukum kepada Subkhan," kata anggota Direktorat Hukum dan Advokasi BPN, Habiburokhman kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

Habiburokhman menduga kasus Subkhan berkaitan dengan pilihan politiknya yang mendukung paslon 02. Alasannya, laporan Subkhan soal sandiwara saat dikunjungi Sandiaga tidak diproses.

Habiburokhman heran pelaporan terhadap Subkhan diproses sangat cepat.

"Kami tidak tahu persoalan secara detail, tapi kami khawatir kasus ini kental aroma politis. Kita tahu Subkhan juga melaporkan dugaan fitnah bahwa dia bersandiwara saat dikunjungi Sandi, tapi sepertinya laporan terhadap Subkhan lebih cepat direspons," ujar Habiburokhman.
"Kami bingung mengapa kasus-kasus di mana kami yang dirugikan seolah lebih lambat direspons daripada jika pendukung kami yang dilaporkan. Kami mempertanyakan apakah benar hukum itu hanya tajam kepada kami?" lanjut dia.

Ia pun ragu penahanan terhadap Subkhan memenuhi syarat. Habiburokhman menyebut ada syarat-syarat tertentu mengapa seseorang harus sampai ditahan.

"Soal penahanan, kami juga tidak tahu apakah syarat-syaratnya terpenuhi. Apakah ada indikasi Subkhan akan melarikan diri, menghilangkan alat bukti, atau mengulangi pidana? Kalau hal-hal tersebut tidak ada, seharusnya Subkhan tidak perlu ditahan," tegas dia.

Subkhan ditahan karena kasus penganiayaan terhadap Sukro (60). Dia ditahan pada Selasa (19/3) pukul 22.30 WIB, setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih delapan jam. Selama proses penyidikan, Subkhan didampingi pengacara Muhammad Fayyadh.

Usai menjalani pemeriksaan, Subkhan langsung dimasukkan ke sel tahanan Mapolres Brebes. Subkhan mengaku siap menjalani dan menghormati proses hukum.

"Insya Allah saya siap. Kita hormati proses hukum," kata Subkhan.


Tonton juga video Temui Fadli Zon, Subkhan Minta Pelaporan Guntur Romli Dikawal:

[Gambas:Video 20detik]


Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini



(tsa/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed