detikNews
Rabu 20 Maret 2019, 09:27 WIB

Lucas Jalani Sidang Vonis Kasus Bantu Pelarian Eddy Sindoro

Zunita Putri - detikNews
Lucas Jalani Sidang Vonis Kasus Bantu Pelarian Eddy Sindoro Sidang Pengacara Lucas (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pengacara Lucas menjalani sidang putusan terkait kasus dugaan merintangi penyidikan pada hari ini. Sidang putusan akan digelar di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta.

"Iya, hari ini terdakwa Lucas menjalani putusan," ujar jaksa KPK Roy Riady saat dihubungi, Rabu (20/3/2019).

Roy berharap putusan hakim hari ini sesuai dengan dakwaan jaksa penuntut umum dan mengabulkan tuntutan yang diberikan jaksa, yakni 12 tahun penjara. "(Harapannya) pastinya putusannya terbukti dakwaan JPU," katanya.



Sementara itu dihubungi secara terpisah, penasihat hukum Lucas, Aldres J Napitupulu berharap hakim mengabulkan semua pleidoi yang dibacakan Lucas dan pengacara. Aldres juga yakin majelis hakim akan berlaku adil dalam memutus kasus ini.

"Semoga hakim tidak menimpakan kelalaian penyidik kepada terdakwa yang tidak berdaya. Kami yakin majelis hakim adalah bagian dari sistem dan lembaga peradilan yang bertugas memberi keadilan, bukan lembaga penghukuman yang hanya menghendaki hukuman bagi terdakwa yang diajukan penuntut umum," kata Aldres.



Sebelumnya, Lucas dituntut 12 tahun penjara dan denda Rp 600 juta subsider 6 bulan kurungan. Lucas diyakini jaksa bersalah membantu pelarian tersangka KPK Eddy Sindoro bersama dengan Dina Soraya.

Eddy Sindoro merupakan mantan Presiden Komisaris Lippo Group yang dijerat KPK sebagai tersangka berkaitan dengan pengurusan perkara di pengadilan. Dia ditetapkan sebagai tersangka sejak 2016 dan kabur ke luar negeri selama 2 tahun sebelum menyerahkan diri.

Lucas diyakini jaksa bersalah melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Selain itu, jaksa menyebut tidak menemukan hal meringankan yang terdapat Lucas dalam sidang tuntutan. Dia juga mengatakan sikap Lucas bertentangan dengan prinsip negara hukum.


Saksikan juga video 'Eks Presiden Komisaris Lippo Group Dituntut 5 Tahun Bui':

[Gambas:Video 20detik]


(zap/fai)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed