detikNews
Selasa 19 Maret 2019, 20:04 WIB

Round-Up

Kisah Sandi Baca Berita Viral di Panggung Debat

Tim detikcom - detikNews
Kisah Sandi Baca Berita Viral di Panggung Debat Sandiaga Uno saat debat (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Gerak-gerik cawapres Sandiaga Uno yang menggunakan gadget saat debat cawapres sempat disinggung oleh kubu lawan. Sandiaga lalu mengungkap apa yang sebenarnya dia lakukan saat itu.

Berawal dari sindiran hingga penjelasan Sandiaga, ini rangkumannya:

1. Sindiran dari TKN Jokowi-Ma'ruf

Sorotan soal gadget itu disampaikan Jubir TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, saat merespons BPN Prabowo-Sandi yang mempertanyakan momen Ma'ruf Amin membaca kertas di debat. Ace mengatakan Sandiaga tampak membawa gadget ke arena debat. Sementara itu, Ace menjelasan kertas yang dibawa Ma'ruf hanya berisikan poin-poin pertanyaan.

"Yang lebih parah ya, pakai gadget lah yang dapat memuat data lebih banyak lagi," kata Ace,Senin (18/3/2019).



2. BPN Prabowo-Sandi Menjelaskan

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga menjelaskan penggunaan gadget itu sebagai bentuk komitmen Sandiaga untuk paperless atau mengurangi penggunaan kertas.

"Jadi ya itu juga menunjukkan komitmen Bang Sandi untuk paperless, komitmen lingkungan hidup," ujar koordinator juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnli Anzar Simanjuntak, kepada wartawan, Senin (18/3/2019).



Dahnil menjelaskan tidak ada larangan dari KPU untuk membawa catatan saat debat. Karena itu, Sandiaga memilih membawa gadget untuk menghindari pemakaian kertas guna mencatat saat debat.

"Nggak ada (larangan membawa gadget). Kan boleh bawa note, catatan segala macam," katanya.

3. Sandiaga Ternyata Sedang Baca Berita

Sandiaga menjelaskan alasannya menggunakan gadget di tengah debat. Saat itu, dia sedang duduk ketika giliran Ma'ruf Amin bicara.

"Haha zaman now sekarang gadget bersama kita setiap hari. Waktu lagi debat itu saya sedang lihat berita hits dan viral. Bukan nyontek," ujar Sandi kepada detikcom, usai menggelar pertemuan dengan Komando Oelama Pendukung Prabowo Sandi (Kopassandi) di Hal Graha Bakti Sport, Genteng, Selasa (19/3/2019).

"Ada feeding dari sosial media. Pada saat debat itu memang saya bawa gadget dan itu diperbolehkan oleh KPU," tambahnya.


(imk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed