DetikNews
Rabu 20 Maret 2019, 01:10 WIB

Wagub Usul Jenazah Korban Banjir Sentani Papua Segera Dimakamkan

Tim detikcom - detikNews
Wagub Usul Jenazah Korban Banjir Sentani Papua Segera Dimakamkan Foto: Proses evakuasi korban banjir bandang (Dok Polda Papua)
FOKUS BERITA: Banjir Bandang Sentani
Jayapura - Wagub Papua, Klemen Tinal mengusulkan segera melakukan pemakaman massal jenazah korban banjir bandang di Sentani, Jayapura yang tidak teridentifikasi. Usulan itu juga sudah disetujui para tokoh agama.

"Kondisi jenazah sudah tidak memungkinkan untuk ditahan lagi, dan terkait ini masyarakat sudah setuju, tokoh agama juga sudah siap," kata Klemen, saat meninjau lokasi Banjir di Sentani,Jayapura, Papua, yang dilansir Antara, Selasa (19/3/2019).

Menurutnya, lokasi yang akan dijadikan kuburan massal sudah ditunjuk bupati Jayapura. Lokasi itu juga sudah disetujui ondofolo (kepala suku) setempat.



"Lokasi pasti nanti biar Bupati Jayapura yang menjelaskan, namun kami menyampaikan terima kasih kepada ondofolo yang sudah menyediakan tempat pemakaman massal ini," ujarnya.

Dia menjelaskan jika dibandingkan dengan kejadian banjir pada 2007, bencana kali ini menyebabkan banyak korban jiwa sehingga diminta agar tidak ada lagi aktifitas di kawasan Cagar Alam Cycloop.



"Jadi tidak boleh ada aktifitas apapun dengan alasan apapun di wilayah cagar alam Cycloop, pemerintah akan tegas terkait hal tersebut," tambahnya.

BNPB mencatat 89 orang meninggal dunia akibat banjir di Sentani, Jayapura, Papua. Selain itu, 150 orang mengalami luka-luka. Dari 89 orang itu, Posko Induk Tanggap Darurat mencatat 82 korban meninggal akibat banjir bandang di Kabupaten Jayapura. Sedangkan 7 korban tewas akibat tanah longsor di Ampera, Kota Jayapura.


Saksikan juga video 'Guk! Sigapnya Anjing K-9 Cari Korban Banjir Bandang Sentani':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/fai)
FOKUS BERITA: Banjir Bandang Sentani
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed