DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 21:07 WIB

Buka Harkonas, Ridwan Kamil Harap Konsumen Cerdas Bertransaksi

Indra Komara - detikNews
Buka Harkonas, Ridwan Kamil Harap Konsumen Cerdas Bertransaksi Ridwan Kamil (Foto: dok. Istimewa)
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka Hari Konsumen Nasional (Harkonas) di Lapangan Gasibu, Bandung. Salah satu agenda Harkonas adalah pameran untuk mencerdaskan konsumen melakukan transaksi.

"Pameran yang diselenggarakan dalam rangka Harkonas ini sangat baik untuk konsumen yang hadir dalam pameran ini, penting untuk konsumen memahami hak dan kewajibannya agar konsumen lebih cerdas dalam bertransaksi barang maupun jasa. Karena itu, edukasi harus lebih ditingkatkan lagi agar konsumen juga bisa paham apa itu hak dan kewajibannya," kata Ridwan Kamil di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, seperti dalam keterangan tertulis, Selasa (19/3/2019).



Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dan Pemprov Jabar Ardiansyah, Koordinator Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN Arief Safari, hingga Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Ardiansyah mengatakan pameran ini merupakan kerja sama Direktorat Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan dengan BPKN serta Pemprov Jabar.

Pameran Harkonas ini mengangkat tema edukasi perlindungan konsumen. Pameran ini juga dibagi dalam sembilan zona. Pameran ini juga menampilkan 90 stan, yang terdiri atas 60 stan pelayanan pengaduan konsumen dan 30 stan produk unggulan usaha kecil, mikro, dan menengah Jawa Barat.

Ardiansyah mengatakan tujuan BPKN mengikuti pameran ini adalah mengedukasi seluruh pemangku kepentingan bahwa peran pemangku kepentingan sangat vital terhadap keberhasilan perlindungan konsumen di Indonesia. "Melalui serangkaian edukasi yang telah dilakukan dalam rangka Harkonas, harapannya konsumen lebih berdaya, pelaku usaha lebih bertanggung jawab, Pemerintah pusat dan pemerintah daerah bisa lebih gencar melakukan pengawasan dalam rangka perlindungan konsumen, serta lembaga perlindungan konsumen bisa mendampingi dan mengadvokasi konsumen dalam rangka memenuhi hak haknya," pungkas Ardiansyah.



Arief Safari menambahkan, edukasi ini telah dilakukan BPKN sejak 12 Maret 2019, yang bekerja sama dengan Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jabar dan Banten, serta diselenggarakan perguruan tinggi di Bandung yang dihadiri 1.600 peserta. Jumlah peserta ini telah diverifikasi untuk memecahkan rekor Muri.

"Edukasi juga telah dilakukan oleh BPKN pada 12 Maret 2019, merupakan salah satu rangkaian Harkonas, edukasi tersebut diselenggarakan dengan bekerja sama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, telah diselenggarakan di 11 perguruan tinggi di Kota Bandung dan dihadiri lebih dari 1.600 peserta, yang telah diverifikasi untuk memecahkan rekor Muri," kata Arief.
(idn/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed