DetikNews

Sponsored by

Selasa 19 Maret 2019, 12:27 WIB

Mufidah Kalla Minta Perajin Berinovasi dan Tingkatkan Daya Saing Global

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Mufidah Kalla Minta Perajin Berinovasi dan Tingkatkan Daya Saing Global Ketum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla membuka acara Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK di Sulbar (Foto: Dok. Setwapres)
Jakarta - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla membuka acara Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM (KUKM) dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK. Mufidah mendorong para perajin untuk berinovasi dan tingkatkan daya saing dengan pasar global.

Mufidah tiba di lokasi acara, Hotel d'Maleo, Mamuju, Sulawesi Barat pukul 10.40 Wita. Mufidah bersama rombongan disambut Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar dan Ketua Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Barat Andi Ruskati Ali Baal.

Dalam sambutannya, Mufidah mendorong para perajin untuk dapat bersaing di tingkat global. Pasalnya, menurut Mufidah, industri kerajinan telah berkembang pesat dan persaingan global semakin ketat.


"Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kemampuan SDM untuk mengembangkan produk-produk kerajinan yang berdaya saing sehingga laku di pasaran. Oleh karena itu, saya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan sinergi ini, dalam upaya meningkatkan wawasan UMKM perajin agar lebih berdaya saing," ujar Mufidah.

Mufidah menilai pentingnya pengembangan usaha di Sulawesi Barat karena provinsi ini memiliki potensi kerajinan, seperti sarung mandar. Mufidah pun mendorong agar Dekranasda Sulawesi Barat terus memotivasi para perajin mengembangkan usahanya.

Mufidah minta para perajin meningkatkan daya saing global dan terus berinovasiMufidah minta para perajin meningkatkan daya saing global dan terus berinovasi (Foto: Dok. Setwapres)


"Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan pelatihan-pelatihan, khususnya di bidang desain, karena tren desain produk kerajinan sangat cepat berubah. Peningkatan kreativitas dan inovasi desain perlu dilakukan, namun tetap mempertahankan identitas tradisional agar nuansa warisan budaya tetap harmoni dengan kekinian," tutur Mufidah.

"Sehingga produk kerajinan menjadi produk yang sangat diminati dan mempunyai daya saing tinggi di tingkat global. Dekranasda dengan menggali motif-motif khas Sulawesi Barat di samping meningkatkan daya saing juga untuk mempertahankan warisan budaya dan kreativitas lokal," imbuhnya.


Pada acara tersebut, Kementerian KUKM memberikan bantuan modal dan usaha kepada 150 perajin dari Palu, Donggala, dan Sigi serta diikutkan dalam pelatihan. Mufidah pun mengapresiasi pemberian bantuan tersebut.

"Apresiasi dan terima kasih kepada berapa pihak, khususnya Kementerian KUKM yang telah berkontribusi sehingga program sinergi ini dapat dilaksanakan. Secara khusus saya menyampaikan apreasi yang tinggi kepada Kementerian KUKM atas kepeduliannya pada UKM korban bencana Palu, Donggala,
(azr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed