DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 09:31 WIB

Rabies Masih Hantui Warga Dompu NTB, Ibu Hamil 7 Bulan Digigit Anjing

Farukh - detikNews
Rabies Masih Hantui Warga Dompu NTB, Ibu Hamil 7 Bulan Digigit Anjing Foto: Vaksin rabies di Sumbawa NTB (Hary-detikcom)
Dompu - Kasus gigitan anjing rabies masih terjadi di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Seorang ibu hamil menjadi korban gigitan anjing yang diduga rabies.

Wanita yang sedang hamil 7 bulan bernama Ma'wiah itu, diserang dan digigit anjing di halaman rumahnya di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu pada Senin (19/3/) kemarin. Nahasnya, gigitan anjing itu mengenai perut bagian kiri Ma'wiah.


"Korban langsung diberikan vaksin anti-rabies (VAR) oleh salah seorang dokter di RSUD Dompu tapi sebelumnya korban diantar ke Puskesmas Rasabou. Akan tetapi, karena mendapat informasi tentang tidak adanya persediaan vaksin anti-rabies (VAR), dia langsung diantar ke dokter Sanoko," jelas Kapolsek Hu'u, Ipda Balok Suswantoro, dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Selasa (19/3/2019).

Beruntung saat kejadian itu, ada warga yang melihat sehingga korban langsung ditolong. Selain membawa korban ke pelayanan kesehatan untuk diberi vaksin anti-rabies, warga juga mengejar dan berhasil membunuh anjing tersebut.


Usai kejadian, warga dan polisi melaporkan kasus itu ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu guna pengambilan langkah antisipatif.

"Kami dan warga terus mengeliminasi anjing rabies ini. Karena di Hu'u banyak korban serangan anjing rabies," ungkapnya.


Saksikan jug video 'Waspada! Wabah Rabies Serang Kabupaten Sumbawa':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed