DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 18:31 WIB

Berakhir Ricuh, Pembunuh Sekeluarga di Bekasi Dipukul Usai Sidang

Isal Mawardi - detikNews
Berakhir Ricuh, Pembunuh Sekeluarga di Bekasi Dipukul Usai Sidang Foto: Kericuhan usai sidang Harris Simamora (Isal Mawardi-detikcom)
Bekasi - Sidang eksepsi terdakwa pembunuhan satu keluarga di Bekasi, Harry Aris Sandigon alias Harris Simamora berakhir ricuh. Kericuhan terjadi sesaat setelah sidang bubar.

Sidang digelar di ruang sidang utama Pengadilan Negeri (PN) Bekasi, Jalan Pramuka, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (18/3/2019). Setelah sidang berakhir, Harris digiring keluar ruang sidang oleh petugas keamanan.

Tiba-tiba, terdapat sekumpulan orang yang mengaku dari keluarga korban (Daperum) mendekati Harris. Pria tersebut kemudian mengeluarkan handphone untuk mendokumentasikan Harris.

"Tunggu dulu biar saya foto dulu ya. Saya dari pihak keluarga korban," kata pria itu kepada petugas keamanan dan Jaksa Penuntut Umum, Fariz Rahman.

Namun, petugas keamanan tetap menggiring Harris keluar ruang sidang. Pria tersebut kemudian meminta kembali kepada petugas keamanan agar diberi kesempatan memfoto Harris.

"Foto dulu sebentar pak," ujar pria tersebut dengan nada tinggi.

Karena tidak diberi celah untuk memfoto, secara tiba-tiba pria tersebut memukul Harris persis di bagian kepala. Harris tidak merespon dan tetap menunduk.



"Pak, Bapak nggak boleh gitu pak. Ini ruang persidangan," kata JPU, Fariz Rahman.

Sempat terjadi dorong-dorongan, akhirnya Harris keluar ruang sidang dan digiring menuju ruang tahanan di PN Bekasi.

"Coba kalian pikir kalau jika keluarga bapak yang ada di sini terjadi seperti itu, bapak terima nggak? coba terima nggak?" jelas pria itu.

Seorang pria lainnya yang juga mengaku sebagai keluarga korban menyatakan akan mengawal sidang seterusnya hingga tuntas dan berharap Harris dihukum seberat-beratnya.

"Setelah ini kita akan kawal terus hadir, supaya dihukum seberat-beratnya," kata seorang pria lain.

Ketika ditanya wartawan, pria tersebut tidak mau menyebut nama dan bersama rombongannya keluar dari PN Bekasi.

Harris menjalani sidang eksepsi di PN Bekasi siang tadi. Pengacara Haris, Bermando Siagian menilai JPU tidak cermat dalam menyampaikan dakwaan.

Dalam sidang eksepsi tersebut tidak ada tanggapan dari Haris Simamora ataupun JPU. Sidang dilanjutkan pada Rabu (20/3) dengan agenda tanggapan dari JPU mengenai eksepsi kuasa hukum Harris.

Harris didakwa dengan Pasal 340 KUHPidana, Pasal 363 ayat 1 ke-3 KUHPidana, dan Pasal 338 KUHPidana karena melakukan pembunuhan berencana dan mengambil sejumlah barang milik korban.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed