DetikNews
Minggu 17 Maret 2019, 20:45 WIB

Debat Cawapres

Ma'ruf: Kami akan Bentuk Badan Riset Nasional untuk #10YearsChallenge

Dwi Andayani - detikNews
Maruf: Kami akan Bentuk Badan Riset Nasional untuk #10YearsChallenge Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin menjanjikan pembentukan Badan Riset Nasional. Menurut Ma'ruf, badan itu akan memaksimalkan hasil riset nantinya.

"Akan kami bentuk Badan Riset Nasional," ucap Ma'ruf di panggung debat di The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Badan itu, disebut Ma'ruf, akan dibentuk karena saat ini riset masih terbagi di lingkup kementerian. Untuk itu, badan baru itu, disebut Ma'ruf, akan menjadi jawaban.

"Kami akan mengembangkan riset dengan mengkoordinasikan semua alokasi dana, sementara ini memang riset terbagi di kementerian/lembaga, nanti kita satukan supaya menjadi satu," sebut Ma'ruf.




Hal itu merupakan jawaban Ma'ruf atas pertanyaan panelis mengenai pendapatan domestik bruto Indonesia yang diprediksi berada di 5 besar dunia pada 2045. Panelis mempertanyakan komitmen para cawapres itu tentang riset karena untuk mencapai posisi itu dibutuhkan peningkatan riset.

Ma'ruf menyebut optimalisasi riset itu termasuk pengembangan dana abadi pendidikan, kebudayaan, dan riset. Dia menyebut dana itu akan sangat berguna bagi riset di masa depan.

"Dengan berbagai dana itu, kami yakin riset kita di masa yang akan datang, kita akan menjawab Ten Years Challenge," kata Ma'ruf.

Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini
(dhn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed