DetikNews
Minggu 17 Maret 2019, 20:46 WIB

Seluruh Turis Malaysia Terjebak Longsor di Air Terjun NTB Dievakuasi

Rivki - detikNews
Seluruh Turis Malaysia Terjebak Longsor di Air Terjun NTB Dievakuasi Air Terjun Tiu Kelep (Egir/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 22 turis Malaysia dan sejumlah wisatawan lokal yang terjebak longsor di Air Terjun Tiu Kelep, Lombok Utara, NTB, akhirnya bisa dievakuasi petugas. Para turis yang selamat langsung dilarikan ke puskesmas terdekat.

"Sebanyak 36 wisatawan (22 wisatawan dari Malaysia dan 14 wisatawan Nusantara) telah berhasil dievakuasi dari kawasan Air Terjun Tiu Kelep di Lombok Utara," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (17/3/2019).

Dari 22 wisatawan WN Malaysia, 1 orang diketahui tewas dan 13 orang terluka. Sedangkan 14 dari wisatawan lokal, 1 orang tewas dan 8 orang luka-luka.



Selain itu, sekitar 50 orang dievakuasi dari Pos 2 ke Pos 3 di Gunung Rinjani dalam kondisi aman. Mereka adalah tim survei jalur pendakian Gunung Rinjani yang berasal dari TNGR, BPBD NTB, Geopark, porter, dan PVMBG.

Sutopo mengatakan penanganan darurat masih dilakukan. BPBD berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti TNI, Polri, BMKG, Basarnas, SKPD, Tagana, relawan, dan lainnya.

Tim Reaksi Cepat BPBD melakukan kajian cepat dan pendataan dampak gempa. BPBD NTB telah mengirimkan bantuan berupa makanan siap saji, terpal, lauk pauk, matras, mi instan, dan telur. Pendataan terus dilakukan.



(rvk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed