DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 16:40 WIB

Tim Antibandit Polda Metro Ringkus 186 Pelaku Kejahatan Selama 5 Hari

Samsuduha Wildansyah - detikNews
Tim Antibandit Polda Metro Ringkus 186 Pelaku Kejahatan Selama 5 Hari Foto: Samsuduha Wildansyah
Jakarta - Tim Antibandit Polda Metro Jaya menangkap ratusan pelaku kejahatanan jalanan di Jakarta. Para pelaku ditangkap selama kurun waktu 5 hari.

"Hari ini tanggal 15 Maret 2019, jadi tanggal 11 Maret 2019 (Tim Antibandit) sudah efektif melaksanakan kegiatan rutin ditingkatkan. Semua Polres mengatasnamakan Tim Antibandit," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Argo mengatakan Tim Antibandit dibentuk atas perintah Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono. Tim ini akan berpatroli selama 24 jam untuk menangkap para pelaku kejahatan.

"Dari 5 hari ini kita bisa mengungkap 186 tersangka dari 100 laporan polisi. Yang rata-rata dilapor ke Polres itu kejadian jambret, pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, penodongan dan bermacam-macam, ini yang kita ungkap," jelas Argo.

Sebanyak 186 pelaku itu didapat oleh Tim Antibandit dari setiap Polres-Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dari semua pelaku yang diamankan, hanya satu orang yang berusia di bawah umur.



Dari 186 pelaku itu tersebar di berbagai Polres seperti di Polres Jakarta Barat sebanyak 50 pelaku, Polres Jakarta Selatan 37 pelaku, Polres Jakarta Utara 31 pelaku, Polres Tangsel 18 pelaku, Polres Depok 12 pelaku, Polres Jakarta Pusat 10 pelaku, Polres Tangerang Kota 8 pelaku, Polres Bekasi 6 pelaku, Subdit Jatanras Polda Metro Jaya 5 pelaku, Polres Bekasi Kota 4 pelaku, Subdit Ranmor Polda Metro Jaya 3 pelaku dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Polres Bandara masing-masing 1 pelaku.

Argo mengatakan mayoritas pelaku juga membawa senjata hingga senjata api saat melakukan kejahatan di jalan. Polisi berhasil menyita 5 pucuk senjata api rakitan, 42 senjata tajam, 62 kendaraan roda dua yang digunakan untuk kejahatan, 2 mobil dan 11 kunci leter T.

Polisi juga mengamankan uang senilai Rp 5.557.000.00 rupiah hasil kejahatan para pelaku. Para pelaku dikenakan pasal-pasal seperti Pasal 480, 362 KUHP, KUHP, 363 KUHP, 365 KUHP, 378 KUHP, 170 KUHP, hingga 368 KUHP. Argo menegaskan jika Tim Antibandit akan terus melakukan tugas-tugasnya untuk mengamankan wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Kegiatan ini serentak dilakukan di jajaran Polda Metero Jaya. Kegiatan ini memberikan rasa aman ke masayrakat. Perlu saya sampaikan ke masyarakat yang mau berpergian, jangan khawatir, kami dari Tim Antibandit akan mengamankan kegiatan masyarakat, kita akan selalu mengamankan jangan sampai merasa khawatir selama ada di Jakarta," pungkas Argo.




(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed