Warga di Maluku Gali Sumur tapi Malah Dapat Gas Menyembur

Muslimin Abbas - detikNews
Selasa, 12 Mar 2019 18:09 WIB
Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Ambon - Warga di Desa Morokay, Maluku Tengah, kaget lantaran secara tidak sengaja menemukan semburan gas di wilayahnya. Padahal awalnya mereka ingin menggali sumur untuk keperluan air bersih.

"Data yang kami terima, warga rencananya membuat tiga titik sumur bor," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah Bob Rachmat saat dihubungi detikcom, Selasa (12/3/2019).




Dari rencana tiga titik itu, warga akhirnya menggali di dua titik. Titik pertama, kata Bob, berada di dekat jalan raya dengan kedalaman sekitar 30 meter. Dari titik itu, air keluar, tetapi bercampur pasir dan gas, yang menyembur setinggi 2 meter.

"Namun semburan gasnya itu hanya bertahan 5 menit. Setelah itu sudah tidak ada lagi semburan gas," kata Bob.

Warga berpindah ke titik kedua yang berada di samping rumah ketua RT setempat. Kali ini kedalaman penggalian sekitar 27 meter, yang kembali muncul semburan gas.

"Semburan gas setinggi 3-4 meter, sehingga mengenai atap rumah bagian samping Pak RT," ucap Bob.




"Berhubung volume semburan gasnya bertahan lama dan warga agak sulit mengendalikan semburannya, warga menyambungkan semburan gas tersebut dengan pipa air untuk dialirkan semburannya ke parit terdekat," imbuh Bob.

Penggalian dua titik yang sedianya untuk sumur itu dilakukan pada Minggu, 10 Maret 2019. Awalnya semburan gas itu sempat menjadi tontonan warga, tetapi kini semburan itu berhenti.

"Kini tidak ada lagi semburan gas," ucapnya. (dhn/dhn)