Siti Aisyah Bebas, Ayah: Beribu Terima Kasih atas Bantuan Pemerintah

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 11 Mar 2019 18:40 WIB
Siti Aisyah diserahkan kepada keluarga di gedung Kemlu. (Fida/detikcom)
Jakarta - Siti Aisyah pulang ke Tanah Air setelah dibebaskan dari kasus pembunuhan saudara tiri pemimpin Korut Kim Jong Un, Kim Jong Nam. Sang ayah, Asria, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia karena membantu melobi pembebasan putrinya.

"Mohon maaf Bapak, kepada semuanya, saya beribu terima kasih kepada bantuan pemerintah kita, atas bantuan apa pun. Terima kasih kepada pemerintah semuanya yang sudah membantu membebaskan anak saya, baik dari Ibu Menteri semua. Terima kasih atas bantuannya," ujar Asria setelah bertemu dengan Aisyah di gedung Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2019).


Di Kemlu, Aisyah sekaligus diserahkan kepada pihak keluarga. Asria turut memanjatkan doa kepada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

"Mohon maaf ya saya nggak bisa bicara lama, takut ada yang salah apa pun. Mudah-mudahan pemerintah kita jalan terus, mudah-mudahan Allah melindungi terus, sekaligus pemerintah kita Bapak H Joko Widodo-Jusuf Kalla selamat dalam perjalanan," kata Asria.


Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly sebelumnya mengatakan upaya pembebasan Aisyah melalui proses yang panjang. Pemerintah Indonesia melakukan upaya lobi pembebasan Aisyah sejak dua tahun lalu, dari era Perdana Menteri Najib Razak hingga kini dijabat Mahathir Mohamad.

"Ini merupakan proses yang panjang membantu Siti Aisyah bebas. Ini sudah dilakukan dan kami sudah berkoordinasi dari PM Najib hingga sekarang Tun Mahathir," ujar Menkum HAM Yasonna Laoly di Bandara Halim Perdanakusuma hari ini. (dkp/fdn)